Selasa, 07/05/2024 - 09:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kemenhub akan Bangun Pelabuhan Penumpang di IKN

ADVERTISEMENTS

Pembangunan pelabuhan IKN akan menggunakan APBN.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bsdencana akan membangun pelabuhan penumpang di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dalam merencanakan pembangunan transportasi di IKN baru juga akan melibatkan Persatuan Insinyur Indonesia (PII). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


“Saya juga akan membuat pelabuhan penumpang dengan luas sekitar 20 hektare pelabuhan cantik,” kata Budi saat ditemui di Gedung Kemenhub usai menghadiri seminar nasional Mewujudkan Sustainable Smart Transportation menuju Indonesia Emas 2045 melalui Rekayasa Sistem dan Teknologi, Kamis (27/10/2022). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Budi menungkapkan nantinya pelabuhan tersebut juga akan memiliki fasilitas lain. Khususnya fasilitas yang sengaja disiapkan bagi wisatawan yang akan mengunjungi IKN melalui jalur laut. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Pascaletusan Gunung Ruang, Pertamina Pastikan Sarfas dan Operasional Aman


“Satu sisi mengangkut wisatawa mengunjungi IKN di situ akan retail, kafe, hotel. Saya minta juga kapal nya electric vehicle (EV) Kita sudah buat yang biasa tinggal kita convert EV,” tutur Budi. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Budi menuturkan pelabuhan penumpang tersebut tidak akan terlalu besar. Nantinya pembangunan pelabuhan tersebut akan menggunakan APBN namun juga terbuka jika swasta ingin berkontribusi. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


“Nnati kalau kita lihat ada swasta berminat bukan tidak mungkin. Biasanya kita kombinasi jadi pelabuhannya kita yang buat, nanti bangunannya swasta. Nanti bisa KSO dan sebagainya, bisa juga KPBU tapi desain kita buat,” ungkap Budi. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


Budi juga mengapresiasi apa yang dilakukan PII. Hal tersebut berkaitan upaya PII dalam membuat masukan untuk membangun sustainable smart transportation di Indonesia.“Walaupaum ini besar lingkupnya karena kami Kemenhub, maka saya ajak ke sini (PII),” ujar Budi. 

Berita Lainnya:
SIG: Volume Penjualan Capai 9,18 Juta Ton pada Kuartal I 2024


Ketua Dewan Pengarah Seminar Nasional Sustainable Smart Transportation Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Agus Taufik Mulyono mengungkapkan sejumlah rekomendasi kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Khususnya rekomendasi dalam membangun sustainable smart transportation dari berbagai pra event seminar yang sudah dilakukan. 


“Catatannya adalah infrastruktur jalan, kemudian jalan tol, perencanaan jalan dan jembatan, serta sistem transportasi jalan masa depan, kata Agus dalam seminar nasional Mewujudkan Sustainable Smart Transportation menuju Indonesia Emas 2045 melalui Rekayasa Sistem dan Teknologi di Gedung Kemenhub, Kamis (27/10/2022). 


Lalu untuk sustainble smart port dibutuhkan digitalisasi pelayanan pelabuhan berwawasan lingkungan. “Ini juga termasukndengan inovasi pelabuhan peti kemas sebagai pelabuhan kelas dunia,” ucap Agus. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi