Jumat, 26/04/2024 - 15:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

PM Kanada Ikut Aksi Solidaritas Atas Kematian Mahsa Amini

ADVERTISEMENTS

Istri PM Kanada juga ikut bergabung dalam protes kematian Mahsa Amini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

OTTAWA — Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau ikut berpartisipasi dalam aksi protes sebagai bentuk solidaritas atas kematian Mahsa Amini di Teheran. Kematian Amini mengakibatkan gelombang aksi protes di seluruh wilayah Iran yang telah berlangsung selama lebih dari 40 hari.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Perempuan di Iran, anak perempuan dan nenek dan sekutu, mereka tidak dilupakan,” kata Trudeau sembari berdiri di depan spanduk putih yang dihiasi dengan cetakan tangan berwarna merah. “Kami akan berdiri bersama kalian. Saya akan berbaris dengan Anda, saya akan berpegangan tangan dengan Anda.  Kami akan terus berdiri bersama komunitas yang indah ini,” kata Trudeau, sebelum mengakhiri pidatonya dengan meneriakkan slogan-slogan Persia, seperti dilaporkan Al Arabiya, Ahad (30/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Iran Lancarkan Serangan, Kirim Drone Kamikaze ke Israel

Istri perdana menteri, Sophie Gregoire Trudeau, juga bergabung dalam protes tersebut. “Saya mendukung Anda karena ketika hak seorang wanita ditolak, itu adalah tanda tidak hormat bagi semua wanita. Dan kami tidak akan meninggalkan saudara perempuan kami,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Trudeau menyoroti beberapa putaran sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintah Kanada terhadap pejabat senior Iran selama sebulan terakhir. Mereka dijatuhkan sanksi karena terlibat pelanggaran hak asasi manusia yang berat dan sistematis oleh rezim Iran.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
PBB Umumkan Seruan Global Bantuan untuk Gaza

Pendukung Amini juga menghadiri aksi protes di sejumlah kota lainnya di Kanada, termasuk Vancouver, Montreal dan Toronto. Ribuan orang juga menggelar aksi protes serupa pada Sabtu (29/10/2022) di Prancis.

Mahsa Amini meninggal setelah ditangkap oleh polisi moral di Iran. Dia ditangkap dan ditahan karena tidak menggunakan jilbab yang sesuai aturan negara. Aksi protes atas kematian Amini merembet pada tuntutan agar pemerintah segera mundur.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi