Sabtu, 04/05/2024 - 18:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Kupu-Kupu Raja Mulai Migrasi ke Meksiko

ADVERTISEMENTS

Kupu-kupu raja terlihat di tiga tempat, Sierra Chincua, El Rosario, dan Cerro Pelo

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

MEXICO CITY — Kupu-kupu raja pertama muncul di hutan puncak gunung di Meksiko tengah. Kemunculan ini menandai migrasi musim dingin tahunan mulai berlangsung.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Departemen Lingkungan Meksiko menyatakan, kupu-kupu pertama terlihat menjelajahi cagar alam puncak gunung di negara bagian Meksiko dan Michoacan. Kupu-kupu ini telah muncul beberapa hari di akhir tahun ini. Biasanya mereka tiba untuk perayaan Hari Orang Mati pada 1 November dan 2 November. Komunitas di lereng gunung telah lama mengaitkan kupu-kupu jingga dan hitam dengan jiwa orang mati yang kembali.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurut Departemen Lingkungan Meksiko, kupu-kupu terlihat di sekitar tiga tempat, Sierra Chincua, El Rosario, dan Cerro Pelon di negara bagian Michoacan. Kelompok utama kupu-kupu diperkirakan akan tiba dalam beberapa minggu mendatang, tergantung pada kondisi cuaca.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Kepala Daerah Quebec Minta Tenda-Tenda Protes di Kampus Dibongkar

Masih terlalu dini untuk mengatakan seberapa besar migrasi tahunan tahun ini dari Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Hitungan tersebut biasanya dilakukan pada Januari, ketika kupu-kupu telah menetap di rumpun dahan pohon cemara dan pinus.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Hitungan kupu-kupu tahunan tidak berdasarkan seberapa banyak jumlah kupu-kupu tetapi jumlah hektar yang mereka tutupi saat mengumpul. Tahun lalu, kupu-kupu raja datang 35 persen lebih banyak dibandingkan musim sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kenaikan migrasi ini mungkin mencerminkan kemampuan kupu-kupu untuk beradaptasi dengan serangan panas atau kekeringan yang lebih ekstrem dengan memvariasikan tanggal ketika meninggalkan Meksiko. Setiap tahun, umumnya pada Maret, kupu-kupu itu bermigrasi kembali ke AS dan Kanada.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Migrasi kupu-kupu raja adalah yang terpanjang dari semua spesies serangga yang dikenal sains. Setelah musim dingin di Meksiko, kupu-kupu terbang ke utara, berkembang biak beberapa generasi di sepanjang jalan sejauh ribuan kilometer. Keturunan yang mencapai Kanada selatan memulai perjalanan kembali ke Meksiko pada akhir musim panas.

Berita Lainnya:
Belasan Orang Tewas Dalam Serangan Israel di Rafah 

Kekeringan, cuaca buruk, hilangnya habitat di utara perbatasan, serta penggunaan pestisida dan herbisida hingga perubahan iklim semuanya merupakan ancaman bagi migrasi spesies. Penebangan liar dan hilangnya tutupan pohon karena penyakit, kekeringan, dan badai mengganggu cagar alam di Meksiko.

Tahun ini, Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam menambahkan kupu-kupu raja yang bermigrasi ke “daftar merah” spesies terancam. Hewan ini pun masuk dalam kategori sebagai “terancam punah”, dua level dari kepunahan.

Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam memperkirakan populasi kupu-kupu raja di Amerika Utara telah menurun antara 22 persen hingga 72 persen selama 10 tahun, tergantung pada metode pengukurannya.

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi