Minggu, 05/05/2024 - 12:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

PM Singapura Serukan Persatuan ASEAN di Tengah Ketegangan Geopolitik

ADVERTISEMENTS

Lee berpesan agar negara anggota ASEAN menjaga persatuan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

PHNOM PENH — Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, pada Jumat (11/11) mengatakan, negara anggota ASEAN perlu bekerja sama dan menghindari perpecahan kawasan di tengah meningkatnya persaingan global. Menurutnya, negara anggota ASEAN harus tetap terbuka dan inklusif dalam melibatkan mitra eksternal, dan tetap bersatu menjunjung tinggi sentralitas ASEAN.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

 “Negara-negara anggota ASEAN tidak ingin memihak. Kami ingin melibatkan semua pihak, dan membentuk lingkaran kemitraan. Kita harus memastikan bahwa pihak eksternal melibatkan kita berdasarkan kemampuan kita sendiri,” ujar Lee, dilaporkan The Straits Times.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dalam pidatonya di KTT ASEAN ke-41, Lee mencatat bahwa dunia telah melihat peningkatan ketegangan geopolitik dan persaingan kekuatan utama. Termasuk invasi Rusia ke Ukraina, yang merupakan pelanggaran nyata terhadap hukum internasional.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Biadab, Zionis Israel Terus Gempur Jalur Gaza Saat Muslim Sedang Rayakan Idul Fitri

 “Ini mengabaikan prinsip-prinsip kedaulatan, integritas teritorial dan kemerdekaan politik yang penting bagi semua negara.  Ini telah menyebabkan hilangnya banyak nyawa secara tragis.  Kita harus terus mendesak para pejuang dan negara-negara besar untuk menemukan solusi yang cepat dan damai,” ujar Lee.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Lee membuat poin tentang bagaimana ASEAN telah menjaga perdamaian, stabilitas dan pembangunan di Asia Tenggara di tengah dunia yang bergejolak. Lee berpesan agar negara anggota ASEAN terus menjaga persatuan dan menjunjung tinggi sentralitas ASEAN.  “Kita harus terus memperjuangkan tatanan dunia berbasis aturan, yang didukung oleh hukum internasional,” kata Lee.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
PMI Manufaktur Indonesia Turun, Kemenkeu Nilai Masih Positif

KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 digelar secara bersamaan pada Jumat, dan dipimpin oleh Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. KTT tersebut biasanya diadakan secara terpisah, yaitu pada awal tahun dan akhir tahun. Namun, penyelenggaraan KTT tahun ini diadakan bersamaan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dalam pidatonya, Lee menyoroti tentang persoalan Laut China Selatan. Lee mengatakan, semua anggota ASEAN memiliki kepentingan dalam menjaga perdamaian dan stabilitas Laut Cina Selatan. Dia menekankan bahwa ASEAN  harus bersikap tegas bahwa kebebasan navigasi dan penerbangan harus ditegakkan, serta mendorong perselisihan diselesaikan secara damai sesuai dengan hukum internasional.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi