Selasa, 30/04/2024 - 00:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Biadab, Zionis Israel Terus Gempur Jalur Gaza Saat Muslim Sedang Rayakan Idul Fitri

ADVERTISEMENTS

 YERUSALEM—Tentara Israel terus menggempur sejumlah kawasan di Jalur Gaza melalui serangan udara meski umat Muslim seluruh dunia, termasuk di Palestina, tengah memperingati Idul Fitri yang jatuh pada Rabu (10/4/2024).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Dalam 24 jam terakhir, pesawat tempur dan pesawat nirawak telah menyerang puluhan target di sejumlah area berbeda di Jalur Gaza,” demikian pernyataan militer Israel.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Angkatan darat Israel mengklaim bahwa mereka menargetkan area militer, anjungan peluncuran roket, dan mulut terowongan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Selain itu, mereka juga menyebut terlibat bentrokan dengan pejuang Palestina di Gaza tengah.

ADVERTISEMENTS

Pasukan Israel yang saat ini masih bertahan di Jalur Gaza terbatas pada tentara Brigade Nahal yang ditempatkan di koridor Netzarim yang membelah Gaza menjadi dua bagian di selatan dan utara

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Koridor tersebut dibuat untuk menghalangi kembalinya masyarakat Palestina ke Gaza utara.

Sementara itu, gerakan perjuangan Palestina Hamas masih belum mengeluarkan pernyataan balasan menanggapi pernyataan militer Israel.

Berita Lainnya:
Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Kegiatan Operasional Terbatas Bank Aceh Berjalan Baik

Terkait bantuan kemanusiaan, Badan Bantuan Pengungsi PBB untuk Palestina (UNRWA) mengatakan sejak Februari dan Maret lalu Israel menolak 40 persen akses misi bantuan makanan ke Gaza. Sejak Maret lalu Israel melarang semua konvoi bantuan makanan UNRWA ke kantong pemukiman Palestina itu.

Dikutip dari Aljazirah, Selasa (9/4/2024) UNRWA mengatakan sejak Januari lalu Israel melarang semua konvoi bantuan makanan ke Gaza utara. Israel mengklaim bantuan lebih cepat bergerak di Gaza setelah masyarakat internasional menekan pemerintah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk meningkatkan akses bantuan.

Namun angka yang didapat PBB bertentangan dengan pernyataan Israel. PBB mengatakan jumlah bantuan yang masuk jauh di bawah syarat minimal untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan.

Israel mengklaim pada Senin lalu 419 truk bantuan masuk ke Gaza, jumlah truk terbanyak yang masuk ke kantong pemukiman tersebut sejak Israel menyerang Gaza pada Oktober lalu. Namun Masyarakat Bulan Sabit Merah dan PBB mengungkapkan angka yang jauh lebih rendah.

Berita Lainnya:
Heboh Pernyataan Mbah Benu Telepon Allah, KH Cholil Nafis: Saya Duga Dia Sedang Dialog dengan Jin

PBB mengatakan truk-truk itu hanya terisi setengah karena inspeksi Israel. PBB mengatakan Israel jauh membatasi jumlah makanan masuk ke daerah yang terancam mengalami kelaparan dibandingkan jenis bantuan yang lain.

Juru bicara badan kemanusiaan PBB (OCHA) Jens Laerke memperlihatkan statistik bulan Maret lalu yang menunjukkan semakin sulit truk makanan mendapatkan izin masuk dibandingkan bantuan lain ke Gaza.

Agresi militer Israel ke Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 telah menewaskan lebih dari 33.300 warga Palestina dan mencederai lebih dari 76 ribu orang lainnya.

PBB menyebut aksi Israel itu menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terusir dari tempat tinggalnya, 60 persen infrastruktur di Gaza rusak dan hancur, serta menyebabkan kelangkaan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah.

Mahkamah Internasional (ICJ) mengeluarkan putusan awal pada 26 Januari yang memerintahkan Israel untuk berhenti melakukan genosida dan mengupayakan perbaikan kondisi kemanusiaan di Gaza.

Setengah tahun genosida di Gaza – (Republika)

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi