Senin, 17/06/2024 - 23:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Dokter Sarankan Orang Tua Cegah Distraksi Saat Anak Makan

Aktivitas makan merupakan peluang bagi orang tua dan anak untuk saling berinteraksi

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA – Dokter spesialis rehabilitasi medik di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, Rizky Kusuma Wardhani, menyarankan orang tua mencegah distraksi saat anak makan. Antara lain dengan mengupayakan anak tidak makan sambil menonton televisi atau menggunakan gawai.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh


Dalam acara bincang-bincang mengenai kesehatan yang diikuti secara daring dari Jakarta pada Senin (14/11/2022), Rizky menjelaskan makan merupakan proses belajar yang melibatkan semua sistem sensoris anak mulai dari penglihatan, penciuman, pengecapan, sentuhan, hingga proprioseptif atau gerakan. “Untuk visual, apa yang dilihat anak? Dia harus tahu bahwa makan itu pakai alat makan, ada piring, ada sendok. Kemudian makanan hari ini bentuknya begini, warnanya begini. Anak juga harus tahu (makanan) baunya seperti apa,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Dokter RSCM Ungkap Beberapa Jenis Obat Ini Bikin Tulang Cepat Rapuh


“Lalu proprioseptifnya, misalnya dia kita kasih piring sendiri untuk makan sambil kita suapin atau anak pegang sendiri makanannya,” ia menambahkan.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda


Selain itu, aktivitas makan merupakan peluang bagi orang tua dan anak untuk saling berinteraksi dan membangun ikatan. Proses belajar dan berinteraksi untuk membangun ikatan semasa anak makan bisa terganggu jika ada distraksi atau pengalih perhatian.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh


“Kadang orang tua berpikir yang penting anak saya kebutuhan nutrisinya cukup. Mereka lupa proses belajar dari makan itu sendiri. Mereka lupa bahwa makan itu adalah salah satu kesempatan di mana anak bisa distimulasi dengan berbagai stimulus,” kata Rizky.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh


Selain bisa membuat anak kesulitan makan, ada potensi anak tidak mengenali makanan yang dia makan kalau makan sambil menonton. “Anak memang masukin makanan ke dalam mulut, tapi dia enggak tahu makan apa. Suatu saat tontonan itu kita lepas, dia akan kesulitan makan karena saat menghadapi makanan sebenarnya dia merasa asing,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Makan Daging Kurban tanpa Khawatir, Ini Panduan dari Ahli Gizi


Jika anak sulit makan maka orang tua harus mencari tahu penyebabnya alih-alih mendistraksi anak dengan memberikan tontonan agar mau makan. “Saya sendiri lebih suka sambil dikasih mainan dia, tapi tetap di tempat makannya. Jadi dia main sambil lihat makanan, atau dia bermain dengan alat-alat makan atau mengacak-acak makanannya, silakan saja,” kata Rizky.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

مَّا أَشْهَدتُّهُمْ خَلْقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَا خَلْقَ أَنفُسِهِمْ وَمَا كُنتُ مُتَّخِذَ الْمُضِلِّينَ عَضُدًا الكهف [51] Listen
I did not make them witness to the creation of the heavens and the earth or to the creation of themselves, and I would not have taken the misguiders as assistants. Al-Kahf ( The Cave ) [51] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi