Rabu, 01/05/2024 - 09:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

LP3ES: Perbincangan Tentang Kepemimpinan Perempuan Jadi Topik Norma Gender Utama di Medsos

ADVERTISEMENTS

Analisis LP3ES dilaksanakan pada rentang 1 April 2020-31 Mei 2022.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Hasil analisis Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) menyimpulkan bahwa perbincangan mengenai kepemimpinan perempuan menjadi topik norma gender paling ramai di media sosial (medsos). Analisis LP3ES dilaksanakan pada rentang 1 April 2020-31 Mei 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


“Di sini ada tren di mana leadership memiliki jumlah perbincangan paling banyak, disusul oleh breadwinner, care giver lalu job segregation,” kata Social Media Analysis and Digital Etnography Result LP3ES Nurul Hasfi dalam diskusi daring yang disaksikan lewat YouTube LP3ES Jakarta, Selasa (5/11/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Empat norma gender yang diteliti yakni care giver merupakan persepsi bahwa perempuan sebagai pengasuh utama anak dan keluarga, breadwinner berarti persepsi bahwa laki-laki sebagai pencari nafkah utama, job segregation yang berarti persepsi adanya perbedaan jenis pekerjaan berdasarkan identitas gender dan kepemimpinan terkait dengan persepsi bahwa perempuan lebih baik sebagai peran pembantu dan laki-laki sebagai pemimpin.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
KPK Pecat 66 Pegawai Terjerat Perkara Pungli Rutan


Perbincangan mengenai leadership pada lima unggahan terpopuler menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia telah sadar bahwa perempuan juga memiliki hak untuk menjadi seorang pemimpin. Dari total 2.480.486 pembicaraan mengenai norma gender, topik leadership mendapat total 859.904 interaksi di Twitter, Instagram, Facebook dan YouTube.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Di sini misalnya ucapan selamat kepada perempuan yang telah menjadi pemimpin, empat di antaranya adalah ucapan selamat,” ucapnya.


Nurul menuturkan dari keempat norma tersebut, topik norma gender yang paling banyak mendapat sentimen positif adalah care giver dengan persentase 80,97 persen, disusul dengan job segregation 63,94 persen, breadwinner 53,95 persen dan terakhir leadership dengan 51,86 persen.


Positif menunjukkan bahwa responden mendukung kesetaraan gender berdasarkan norma gender. Sedangkan negatif berarti menolak kesetaraan gender dalam norma gender tersebut.

Berita Lainnya:
Dua Menteri Jokowi Ternyata yang Usul PIK dan BSD Masuk PSN


Care giver memiliki positif yang tinggi artinya kesadaran masyarakat tentang kesetaraan gender pada isu care giver menjadi isu yang masyarakat sudah aware jika dibandingkan norma gender yang lain,” ujarnya.


Adapun analisis yang menggunakan metode penelitian baseline pada rentang 1 April 2020-31 Mei 2022 tersebut menargetkan anak muda usia 18-39 tahun atau kelahiran 1981-2000. Dari hasil baseline tersebut terkumpul sebanyak 2.480.486 total mentions berupa reply, like dan retweet dengan pembicaraan paling banyak terjadi di media sosial Twitter.


Lokasi perbincangan norma gender terbanyak berada di Pulau Jawa yang didominasi oleh penduduk yang berdomisili di Jakarta (33,4 persen), lalu Surabaya (9 persen) dan Bandung (7,8 persen). Sedangkan untuk usia, urban milenial pengguna Twitter dengan rentang 18-29 tahun sebanyak 85 persen dan umur 30-40 tahun sebanyak 15 persen.


 

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi