Selasa, 30/04/2024 - 19:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

5 Kunci Hidup Sehat Rekomendasi Dokter

ADVERTISEMENTS

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan agar kesehatan bisa optimal.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan seseorang. Sebagian dari faktor ini mungkin tak bisa dimodifikasi. Meski begitu, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan agar kesehatan yang optimal bisa tercapai.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


“Saya meyakini setiap orang memiliki hak atas kesehatan yang baik,” ujar dokter keluarga Dr Tomi Mitchell, seperti dilansir EatThis, Sabtu (19/11/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Salah satu upaya mencapai kesehatan yang optimal adalah gaya hidup sehat. Hal ini bisa diwujudkan dengan menjaga pola makan, melakukan olahraga secara rutin, menghindari rokok dan alkohol, hingga menjaga kebersihan mulut dan gigi.

ADVERTISEMENTS


Di samping itu, Dr Mitchell mengatakan ada lima kunci hidup sehat lain yang juga perlu diadopsi dalam keseharian. Berikut ini adalah kelima kunci hidup sehat tersebut.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


 


Lakukan Skrining Kesehatan


Menurut Dr Mitchell, salah satu manfaat dari tes skrining adalah bisa mendeteksi masalah kesehatan yang berpotensi serius dengan lebih dini. Beberapa tes skrining bahkan bisa membantu mencegah terjadinya masalah kesehatan.

Berita Lainnya:
Perkataan Toxic yang Sebaiknya tak Diucapkan Nenek dan Kakek kepada Cucu


Dalam kasus kanker kolon misalnya, tes skrining dapat membantu pasien dan dokter untuk menemukan polip di dalam usus sebelum berkembang menjadi kanker. Dari pemeriksaan ini, polip tersebut bisa diangkat dan pasien dapat terhindar dari risiko kanker kolon.


Tes skrining juga merupakan kunci penting dalam keberhasilan pengobatan. Pasien bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi tes skrining yang sebaiknya dilakukan.


 


Jangan Ragu Bertanya


Pasien harus mendapatkan informasi yang benar-benar jelas mengenai kondisi mereka. Oleh karena itu, penting bagi pasien untuk mengajukan pertanyaan apa pun mengenai kondisi mereka kepada dokter. Pemahaman yang lebih baik mengenai masalah kesehatan yang diidap bisa membantu pasien untuk mengambil keputusan yang lebih baik terkait pengobatan mereka.


Agar komunikasi dua arah ini bisa terbangun, penyedia layanan kesehatan dianjurkan untuk menciptakan suasana yang membuat pasien nyaman untuk bertanya. Misalnya dengan memberikan respons yang baik dan terbuka kepada pasien.


 


Perhatikan Detail


Setiap kali memeriksakan diri ke dokter, selalu perhatikan setiap detail yang disampaikan oleh dokter. Misalnya, memperhatikan informasi mengenai hasil pengobatan yang dicapai oleh pasien. Penting juga bagi pasien untuk selalu menyimpan informasi mengenai rekam medis mereka.

Berita Lainnya:
8 Faktor Dasar yang Perlu Diperhatikan untuk Jaga Tubuh Tetap Sehat


 


Mengonsumsi “Pelangi”


Salah satu anjuran umum yang sangat direkomendasikan agar bisa hidup secara sehat adalah menyantap makanan yang bervariasi. Konsumsi makanan dengan berbagai warna dapat memberikan asupan nutrisi yang beragam bagi tubuh. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang bergizi dan beragam juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung atau kanker.


 


Bergerak Aktif dan Dokumentasikan Kegiatan


Menjalani pola hidup yang aktif juga sangat direkomendasikan oleh Dr Mitchell. Selain bergerak aktif secara rutin, Dr Mitchell juga merekomendasikan orang-orang untuk mendokumentasikan waktu dan jenis aktivitas yang mereka lakukan. Dokumentasi ini bisa membantu orang-orang untuk memastikan mereka telah melakukan aktivitas fisik yang cukup dan sesuai kebutuhan, atau justru mereka perlu melakukan perubahan.


Beberapa gawai atau perangkat teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk mempermudah penerapan gaya hidup sehat. Misalnya, penggunaan alat untuk merekam jumlah langkah dalam sehari.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi