IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Jokowi Pastikan Pembangunan Rumah Terdampak Gempa Cianjur Dimulai

featured
Pengungsi berdoa di dalam tenda darurat di Kampung Gasol, Desa Gasol, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Ahad (27/11/2022). Beberapa pengungsi korban gempa Cianjur mengisi waktu malam hari di tenda pengungsian dengan menggelar tahlil atau menyaksikan pertandingan piala dunia. FOTO/Republika/Thoudy Badai

 CIANJUR — Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau sejumlah wilayah terdampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Senin (5/12/2022). Jokowi mengatakan, kunjungannya ini untuk memastikan proses relokasi bangunan terdampak gempa sudah dimulai.

Dalam tinjauannya, Jokowi menyebut, kondisi para pengungsi terlihat sehat. Mereka pun menyampaikan keinginannya agar pembangunan rumah dapat segera dimulai.

“Ya pengungsi tadi semuanya kita lihat sehat, tetapi yang paling banyak ingin agar pembangunan rumahnya dimulai. Oleh sebab itu, pagi hari ini saya ke sini untuk memastikan bahwa, pertama yang relokasi hari ini dimulai, pembangunannya hari ini relokasi dimulai pembangunannya,” ujar Jokowi dalam keterangannya.

Jokowi mengatakan, pemilihan kawasan relokasi rumah warga tersebut sudah melalui kajian dari instansi terkait, baik Badan Geologi maupun BMKG.

Selanjutnya, pemberian bantuan untuk perbaikan rumah yang rusak baik berat, sedang, maupun ringan akan disalurkan pada Kamis (8/12/2022) nanti. Saat ini, kata Jokowi, proses verifikasi jumlah rumah yang terdampak dan juga persiapannya masih dilakukan.

“Yang kedua, nanti hari Kamis, ini baru persiapan termasuk verifikasi semuanya selesai. Nanti hari Kamis untuk bantuan yang bukan relokasi, yang bantuan Rp 50 juta, Rp 25 juta, dan Rp 10 juta juga akan diberikan hari Kamis, mulai diberikan,” kata Jokowi.

Ia pun berharap masyarakat setempat juga ikut membantu membangun kembali rumahnya. Proses rekonstruksi bangunan terdampak gempa ini diharapkan bisa mendorong kegiatan ekonomi warga setempat.

“Kita harapkan juga ada kegiatan masyarakat, ada kegiatan ekonomi, ada pergerakan ekonomi. Itu yang kita harapkan,” ujarnya.

 

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Jokowi Pastikan Pembangunan Rumah Terdampak Gempa Cianjur Dimulai
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!