Sabtu, 27/04/2024 - 10:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Meski PPKM Dicabut, Masyarakat Disarankan tak Bepergian Saat Positif Covid-19

ADVERTISEMENTS

Orang yang berkontak dengan pasien positif Covid-19 perlu tetap memantau diri.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Pemerintah resmi mencabut pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Meski begitu, masyarakat yang positif Covid-19 disarankan tidak bepergian bebas, namun mempersingkat waktu isolasi mandiri saja.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Waktu isolasi mandirinya saja dipersingkat, jadi lima hari,” kata Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Jumat (30/12/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dia juga mengimbau orang-orang yang berkontak dengan pasien positif Covid-19 tetap memantau diri dan apabila bergejala, termasuk populasi rentan seperti lansia dan memiliki penyakit penyerta melakukan tes antigen atau PCR. “Juga yang kontak dengan pasien positif, kalau menurut saya, sebaiknya tetap memantau diri dan kalau perlu (bergejala, lansia, komorbid) juga melakukan tes,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
WHO: Flu Burung Berpotensi Jadi Pandemi Berikutnya, Tingkat Kematian Sangat Tinggi

Prof Tjandra mengingatkan masyarakat tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), menerapkan “cerdik” yakni cek kesehatan berkala, enyahkan asap rokok dan polusi udara lainnya, rajin beraktivitas fisik dan berolahraga, diet bergizi dan seimbang, serta istirahat yang cukup dan kelola stres.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Tidak ada anjuran untuk rutin suntik vitamin,” ujarnya yang pernah menjabat sebagai direktur penyakit menular WHO Asia Tenggara itu.

Berita Lainnya:
Cegah Kekambuhan Kanker dengan Perbaiki Pola Hidup, Begini Caranya

Prof Tjandra juga mengingatkan masyarakat tetap memakai masker di dalam ruangan tertutup dan kerumunan yang berisiko serta rajin mencuci tangan. Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada Jumat (30/12/2022) resmi mencabut kebijakan PPKM sehingga tidak ada lagi pembatasan kerumunan dan pergerakan masyarakat. Namun, Jokowi mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan ketentuan tes antigen atau PCR nantinya tidak diwajibkan lagi oleh pemerintah, tetapi diharapkan menjadi kesadaran sendiri oleh masyarakat.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi