IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

IHSG Melompat 1,06 Persen di Perdagangan Sesi I 

IHSG Anjlok di Tengah Menguatnya Bursa Regional

Sentimen eksternal dan internal menopang indeks ke zona positif. 

 JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi pertama perdagangan hari ini, Kamis (12/1/2023), mengalami  kenaikan  sebesar 69 poin atau menguat 1,06 persen ke level 6.653,99. Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan, sejumlah sentimen eksternal dan internal menopang indeks ke zona positif. 

Dari ekternal, bursa regional Asia cenderung menguat yang seiring sikap pelaku pasar dan investor optimistis bank sentral Amerika Serikat (AS) akan memperlambat kenaikan suku bunga acuannya. Hal ini seiring penantian data inflasi AS yang akan rilis hari ini waktu setempat. 

Inflasi AS secara tahunan pada Desember 2022 diprediksi berada di level 6,5 persen, lebih rendah dari sebelumnya di level 7,1 persen. Pelaku pasar pun melihat data tersebut memberikan sinyal kebijakan moneter bank sentral AS tidak agresif dalam menaikan suku bunga acuannya.

Katalis positif lainnya, National Bureau of Statictic China merilis inflasi secara tahunan pada Desember naik menjadi 1,8 persen dari level terendah delapan bulan di November sebesar 1,6 persen. Pasar memandang naiknya inflasi tersebut menunjukkan adanya perbaikan indikasi permintaan China dan sebagai sinyal ekonomi mulai bertumbuh. 

BACAAN LAIN:
UMKM Asal Gresik Binaan SIG Raih Omzet Rp 150 Juta Saat Bazar BUMN

Sementara dari internal, penguatan indeks ditopang oleh kesepakatan antara pemerintah dan DPR sehubungan dengan pemilu 2024 dengan sistem pemilu proporsional terbuka. Pasar berharap kesepakatan tersebut dapat menciptakan stabilitas politik negeri di tengah periode memasuki tahun politik.

Pada sesi pertama ini, saham-saham yang mengalami kenaikan terbesar WINE, WMUU, WMPP, ARTO, dan KKES. Sedangkan saham-saham yang mengalami penurunan terbesar BMBL, GOLD, GTBO, ALKA, dan ETWA.

BACAAN LAIN:
Menhub Minta Pelabuhan Arun Aceh Dioptimalkan

 

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
IHSG Melompat 1,06 Persen di Perdagangan Sesi I 
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!