Sabtu, 04/05/2024 - 17:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Spanyol Siapkan Dana Kompensasi Korban Pelecehan Seksual Gereja 

ADVERTISEMENTS

 MADRID — Menteri Kehakiman Spanyol Felix Bolanos mengatakan Spanyol akan menyiapkan untuk mengkompensasi sekitar 440 ribu korban pelecehan seksual selama puluhan tahun yang dilakukan pendeta, staf atau guru Katolik. Sebagian besar dana itu akan berasal berasal dari Gereja Katolik.  

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Jumlah korban berasal dari laporan yang dirilis ombudsman hak asasi manusia Spanyol bulan Oktober lalu usai mensurvei 8.000 orang. Laporan itu merekomendasikan pembentukan dana negara, dan menuduh Gereja kurang bekerja sama dan berusaha “meminimalkan fenomena tersebut”.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Bolanos mengatakan Gereja Katolik sangat berpengaruh pada masyarakat dan politik Spanyol sampai berakhirnya kediktatoran sayap kanan tahun 1970-an. Namun, ternyata gagal memenuhi seruan reparasi dan merespon laporan terhadap keuskupan. “Kami ingin meresponnya untuk mencegah, memulihkan dan mencoba membayar utang masyarakat kami pada para korban,” kata Bolanos, Selasa (22/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
PBB: Masih Banyak Halang Rintang Pendistribusian Bantuan di Gaza
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Skema pemerintah yang akan berjalan sampai 2027, memperkirakan formula yang belum ditentukan yang mengharuskan Gereja untuk “membayar semua atau bagian penting kompensasi dan memberikan elemen lain simbol reparasi.” Bolanos mengatakan kementeriannya akan bernegosiasi dengan keuskupan mengenai kontribusi Gereja pada dana dan ia mengatakan gereja sudah menunjukkan kesediaan untuk bekerja sama.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Namun Konferensi Waligereja Spanyol mengatakan mereka tidak dapat menerima rencana yang mengecualikan korban pelecehan seksual di organisasi lain karena hal tersebut merupakan ‘penghakiman yang menghakimi seluruh Gereja yang hanya menangani sebagian dari masalah’.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Staf UNICEF Hampir Jadi Korban Serangan Israel

Pada November lalu untuk pertama kalinya Gereja mengatakan mereka akan membayar kompensasi pada korban meski beberapa kasus belum sepenuhnya selesai karena pendeta yang dituduh sudah meninggal dunia. Bolanos mengatakan, lembaga pakar independen akan mempelajari kasus-kasus yang tertuduh sudah meninggal dunia atau batas waktu penyelidikan sudah lewat atau tidak pernah disidang.  

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Pemerintah Spanyol juga berencana menggelar acara publik bersama korban dan keluarga mereka. Sebagai “simbol reparasi” atas nama negara. Pada bulan ini Gereja Katolik di Portugal mengatakan akan membayar kompensasi pada korban berdasarkan kasus per kasus. Pendekatan yang dikritik kelompok penyintas.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi