Jumat, 26/04/2024 - 16:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Kanada Kirim Kendaraan Lapis Baja ke Haiti

ADVERTISEMENTS

Kanada membantu pemerintah Haiti memerangi geng kriminal

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

OTTAWA – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Kanada mengatakan, Pemerintah Kanada telah mengirimkan kendaraan lapis baja ke Haiti. Tujuan pengiriman ini untuk membantu Pemerintah Haiti memerangi geng kriminal saat negara Karibia itu menghadapi krisis kemanusiaan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Pesawat militer Kanada melakukan pengiriman ke Kepolisian Nasional Haiti di ibu kota Port-au-Prince pada Rabu,” kata Kemenlu Kanada dalam pernyataannya, Rabu (11/1/2023) waktu setempat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Geng Haiti menguasai sebagian besar negara sejak pembunuhan Presiden Jovenel Moise pada 2021. Ratusan orang tewas dalam pertempuran tahun lalu.

ADVERTISEMENTS

Pada September, geng-geng Haiti memblokir terminal bahan bakar selama hampir enam minggu. Hal ini berimbas buruk pada sebagian besar kegiatan ekonomi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Massa Pro-Palestina Gelar Unjuk Rasa di Istanbul dan Paris

Kanada dan Amerika Serikat (AS) menyediakan kendaraan taktis dan lapis baja serta perbekalan lainnya pada Oktober  tahun lalu. Pengiriman ini dilakukan setelah Haiti mendesak masyarakat internasional untuk mengirimkan pasukan bersenjata khusus.

Ottawa juga telah memberikan sanksi kepada warga Haiti yang dituduh memiliki hubungan geng, termasuk mantan presiden, dua mantan perdana menteri, dan tiga pengusaha terkenal. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan kepada wartawan di Mexico City pada Rabu bahwa sanksi dan bantuan itu dapat membuat perbedaan.

“Kita semua sangat sadar bahwa keadaan bisa menjadi lebih buruk di Haiti dan itulah mengapa Kanada dan mitranya, termasuk AS sedang mempersiapkan berbagai skenario jika hal itu mulai menjadi lebih buruk,” katanya.

Berita Lainnya:
Buntut Serangan Iran, Biden Gerak Cepat Koordinasikan Respons Diplomatik

Ia mengatakan, Kanada akan terus memberikan dukungan. Namun Trudeau menekankan krisis Haiti harus diselesaikan di dalam negeri. Komentar Trudeau muncul saat ia menghadiri KTT Pemimpin Amerika Utara bersama dengan Presiden AS Joe Biden dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.

“Apa yang sangat penting dalam situasi ini adalah rakyat Haiti sendiri menjadi pusat dukungan, pembangunan stabilitas dan penyelesaian krisis di Haiti saat ini,” kata Trudeau.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi