Senin, 17/06/2024 - 20:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Jelang Ramadhan, Tren Belanja di Tiktok Makin Tinggi

67 persen pengguna Tiktok berbelanja lebih banyak selama periode persiapan Ramadhan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Berbelanja untuk persiapan Ramadhan menjadi momen yang sarat makna. Meskipun ada sejumlah perubahan dan konsumen yang lebih cermat dalam berbelanja, studi “Ramadan 2023 with TikTok: Winning Hearts and Carts” melihat semangat belanja konsumen relatif masih tinggi.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Studi yang digagas oleh Tiktok tersebut menilik ragam gaya dan faktor pendorong berbelanja pengguna Tiktok dalam upaya mendapat value for money. Berdasarkan studi, 67 persen pengguna Tiktok berbelanja lebih banyak selama periode persiapan Ramadhan.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Sebanyak 51 persen responden menyatakan, diskon menjadi pendorong untuk berbelanja. Produk bundling atau paket spesial Ramadhan membuat responden dua kali lebih cenderung melakukan pembelian. Sebanyak 98 persen responden menyatakan Tiktok menjadi pilihan untuk mencari inspirasi produk atau jasa.  

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Teknologi Digital Dinilai Bisa Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak

Dengan memahami perubahan gaya dan perilaku belanja konsumen di setiap momen sepanjang bulan Ramadhan, berbagai jenama bisa menentukan konten yang akan mereka ciptakan. Begitu juga dalam memutuskan kapan harus mengeluarkan berbagai konten promosi atau diskon untuk produk.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Selain di momen persiapan Ramadhan, pengguna Tiktok aktif mengunggah konten selama bulan suci, bahkan hingga hari Lebaran. Jenama bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk terhubung atau berinteraksi dengan komunitas Tiktok.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Hampir sebagian pengguna Tiktok akan menghabiskan lebih banyak waktu di Tikok, terutama di waktu ngabuburit. Di hari raya, sebanyak 74 persen responden berencana untuk membuat konten kebersamaan dengan keluarga dan teman. Bahkan, hampir seluruh responden akan menampilkan video perayaan hari besar mereka di Tiktok. Hiburan dan inspirasi menjadi faktor utama bagi mereka dalam mencari konten di Tiktok.  

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Berapa Lama Lubang Tindikan di Telinga Bisa Kembali Menutup?

Head of business marketing Tiktok Indonesia, Sitaresti Astarini, mengatakan konten yang menghibur dan inspiratif dapat dimanfaatkan oleh jenama dengan pendekatan “Shoppertainment”. Istilah itu bermakna mengutamakan konten hiburan terlebih dahulu, baru mendorong pembelian.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“Konten yang bersifat storytelling, autentik, menyajikan tren atau rekomendasi, dan yang terpenting, tidak memaksa pembelian atau hardsell, menjadi faktor penentu dalam mendorong pengguna untuk melakukan konversi atau pembelian,” ujar Sitaresti melalui pernyataan resminya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Dia mengatakan, pengguna perlu juga mendapat informasi yang jelas serta poin konversi yang mudah diakses. Berkat pesatnya perkembangan teknologi, konsumen menjadi semakin kritis dalam mencari sumber inspirasi dan informasi tambahan untuk membantu pengambilan keputusan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالَ أَلَمْ أَقُلْ إِنَّكَ لَن تَسْتَطِيعَ مَعِيَ صَبْرًا الكهف [72] Listen
[Al-Khidh r] said, "Did I not say that with me you would never be able to have patience?" Al-Kahf ( The Cave ) [72] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi