Sabtu, 04/05/2024 - 12:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Transmart Dirumorkan Hampir Bangkrut, Ini Jawaban Aprindo

ADVERTISEMENTS

Aprindo akui ada anomali.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) membantah isu salah retail modern Transmart yang diambang kebangkrutan karena telah menutup sejumlah toko imbas sepinya pengunjung.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Transmart itu sebenarnya bukan kolaps atau sebagian bilang bangkrut. Transmart itu dia sedang beranomali untuk menyesuaikan dengan situasi kondisi zamannya,” kata Ketua Umum Aprindo, Roy Nicholas Mandey di Hypermart Puri Indah, Jakarta, Rabu (8/2/2023) usai meninjau operasi pasar beras Bulog di retail modern.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Roy mengatakan, industri rital tidak bisa mengikuti perubahan secara cepat mengikuti tren permintaan. Sebab itu membutuhkan waktu soal penataan barang, stok, hingga tempat.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Transmart, menurut Roy menjadi salah satu contoh. Menurut dia, bisnis jaringan ritel kelas hipermarket yang berada di bawah Trans Retail itu tidak berjalan lancar, termasuk dalam pengaturan tenant di dalamnya. Sementara itu, perilaku konsumen terus berubah cepat.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Sebagian Besar Capex XL Axiata di 2024 untuk Penguatan Jaringan

“Kemarin sudah lihat ketika owner-nya turun, berkunjung ke berbagai toko. Dia langsung dengan intuisi bisnisnya merubah, oh iya, saya mau ini dibedakan tata letaknya, dibedakan pencahayaannya, bedkan lokasinya. Istilahnya turun gunung,” ujar dia.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kendati demikian, Roy enggan menyebut Transmart salah strategi namun belum cepat dalam menyesuaikan kondisi. Terutama ketika pandemi Covid-19 yang menimbulkan banyak perubahan pola konsumen.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Jadi kalaupun ada yang kurang atau tutup, itu bukan bangkrut tapi mereka sedang menata atau merelokasi,” kata Roy menambahkan.

Relokasi outlet ritel tentunya menyesuaikan dengan potensi pasar. Sebagai contoh, jika satu kawasan sudah berubah dari semula fokus untuk hunian menjadi tempat transit atau bisnis secara langsung bakal mempengaruhi kunjungan ke retail.

Berita Lainnya:
Industri Aviasi Tumbuh, Penangan Groundhandling JAS Naik 69 Persen

Oleh karena itu, mau tidak mau pengusaha retail harus beradaptasi dengan tata kota yang kian berubah.

Sebagai contoh seperti di wilayah Kalimalang di mana setelah dibangun Jalan Tol Becakayu, rata-rata masyarakat tidak lagi melalui jalan bawah.

“Artinya apa? saya bangun toko mungkin orang lewat saja. Jadi pentingnya lokasi itu sangat signifikan. Oleh karenanya waktu dilihat kok sepi ya, kurang, ya mungkin perlu relokasi,” tegasnya.

Adapun soal rencana relokasi Transmart yang tutup, Roy mengaku belum mengetahui. Meski demikian Aprindo meyakini Transmart telah mempersiapkan strategi untuk tetap bisa bertahan dengan pendekatan cara-cara yang baru sesuai preferensi konsumen terkini.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi