Kamis, 02/05/2024 - 08:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Anggota DPR Berharap Kesejahteraan Atlet Pascapensiun Lebih Diperhatikan

ADVERTISEMENTS

Semua atlet memiliki jasa besar.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Sudah sering didengar kisah sedih mantan atlet berprestasi yang sengsara hidupnya usai mengharumkan nama besar Bangsa Indonesia. Sebut saja Ellyas Pical mantan petinju kelas bantam junior yang menjadi juara dunia pada 3 Mei 1983 yang di masa tuanya menjadi “office boy” atau nasib Suharto, mantan atlet sepeda peraih medali emas Sea Games 1979 yang sempat menjadi tukang becak dan pemulung. Setelah berita yang viral nasib para atlet yang sengsara di akhir masa jayanya, pemerintah akhirnya merespon dengan menerbitkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2022, yang salah satunya menjamin kesejahteraan atlet pasca pensiun.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Dalam kesempatan rapat kerja dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali pada 7 November 2019 di Senayan, saya menyuarakan soal usulan untuk menjamin kesejahteraan atlet pasca pensiun, bisa melalui program-program pemberdayaan. Mereka yang telah mengharumkan negara dan bangsa di kancah internasional tidak pantas disia-siakan setelah pensiun sebagai atlet”, kata Abdul Hakim Bafagih (AHB), anggota DPR RI dari Fraksi PAN di Jakarta, dalam keterangan persnya, Jumat, (10/2/2023). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Disdik Pekanbaru Imbau Acara Perpisahan Sekolah Digelar Sederhana
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Saat itu, legislator muda yang berasal dari Daerah Pemilihan Jawa Timur VIII ini duduk di Komisi X. Abdul Hakim Bafagih menambahkan, jika ada seorang atlet yang berprestasi kita semangat untuk mengunggahnya ke media sosial, seolah-olah ikut berjasa atas prestasi tersebut. Namun banyak yang diam saja melihat atlet yang sengsara di masa pensiunnya.

ADVERTISEMENTS

“Di sini saya mengapresiasi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yang akhirnya bertindak nyata melihat kehidupan di masa tua atlet sepeda Suharta. Ia saat ini sudah tidak lagi menjadi pemulung dan tukang becak karena dipekerjakan oleh Bu Khofifah di UPT Bapenda Gresik. Sudah selayaknya Pak Suharto yang menyumbang medali emas pada Sea Games 1979 mendapat kehidupan yang layak, baik melalui pekerjaan ataupun tunjangan dari pemerintah”, tambah Abdul Hakim Bafagih.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Jazilul: PKB Jadi Bagian Pemerintah, Prabowo dan Muhaimin Akrab

“Sekarang Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 sudah ada, jadi payung hukumnya sudah jelas. Jangan sampai ada berita lagi atau konten viral di media sosial yang heboh soal mantan atlet berprestasi yang hidupnya sengsara,” pesan Hakim.

Jauh sebelum UU No 11 tahun 2022 terbit, dalam rapat kerja dengan Kemenpora pada 7 November 2019 Abdul Hakim Bafagih menyoroti sisa anggaran di Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda dan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga sebesar Rp 508.720.000.000. Hakim menyarankan anggaran itu bisa dialihkan untuk memberdayakan atlet.

“Supaya atlet ini tidak seperti diperas, setelah menang selesai, haha hihi foto-foto sana sini setelah pensiun ngenes (sengsara) nasibnya”, kata Hakim melontarkan kritiknya.

“Alhamdulillah akhirnya apa yang sampaikan dulu didengarkan pemerintah, sekarang sudah terbit UU tersebut”, tutupnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi