Jumat, 26/04/2024 - 10:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ibu Hamil, Tolong Jangan Pernah Merokok atau Terkena Asap Rokok

ADVERTISEMENTS

Rokok menghilangkan kesempatan ibu untuk merasakan kehamilan yang sehat dan nyaman.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA—Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengingatkan bahwa rokok dapat menghilangkan kesempatan ibu untuk merasakan kehamilan yang sehat dan nyaman. ”Bagi laki-laki yang istrinya hamil, supaya kualitas istrinya bagus tolong rokoknya dikurangi dulu,” kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Menanggapi pernyataan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terkait pengaruh rokok dengan stunting, Hasto menuturkan dalam berbagai penelitian yang dilakukan di bidang kesehatan, asap rokok yang bersifat toksik, dapat membuat ruang ibu menghirup udara bersih di rumah berkurang, karena mengandung zat-zat nikotin yang berbahaya bagi pertumbuhan janin yang dikandung.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Tanda Bahaya pada Ibu Hamil Ketika Persalinan, Waspadai Agar tak 'Terlambat'

Adanya paparan asap rokok bisa membuat janin mengalami Intrauterine growth restriction, dimana ukuran tubuh bayi lebih kecil dari ukuran normalnya. Bahkan, bisa memicu bayi lahir dalam keadaan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).

ADVERTISEMENTS

Menurut Hasto, anomali yang terjadi pada tumbuh kembang janin itu berbahaya, karena bisa memicu anak terkena stunting sejak dalam kandungan. Kondisinya bisa diperparah akibat ibu yang kekurangan protein hewani.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Oleh karenanya, Hasto meminta pada tiap anggota keluarga yang merokok untuk menekan pengeluarannya membeli rokok dan mengalihkannya pada makanan berprotein hewani. Ia menyarankan supaya tidak ada anggota yang merokok dalam rumah agar sirkulasi udara bagi ibu dan bayi tidak terganggu.

Berita Lainnya:
Jaga Kebersihan Mulut Selama Ramadhan, Hindari Rokok Saat Sahur dan Berbuka

”Mohon maaf bagi yang merokok mohon dikurangi. Kalau (istrinya) hamil, merokoknya di luar saja supaya tidak terpapar. Lebih baik beli ikan yang mengandung Omega3 dan DHA yang mencerdaskan otak bayi, jadi kalau hamil lebih bagus makan ikan kembung atau lele dan itu yang harus disosialisasikan,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyoroti bahwa perilaku merokok dalam keluarga mampu menghilangkan kesempatan orang tua dalam memberikan protein hewani pada anak.

”Apa hubungannya dengan rokok? Salah satu sumber protein hewani. Kalau bapak-bapak merokok, ini akan menghilangkan kesempatan untuk membeli telur,” kata Menkes.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi