Jumat, 03/05/2024 - 14:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

President University Perpanjang Kerja Sama dengan Pemerintah Timor Leste

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — President University (Presuniv) perpanjang kerja sama dengan pemerintah Timor Leste. Adapun kedua pihak memperpanjang perjanjian kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang berlaku pada 2023 hingga 2028 tersebut menyepakati beberapa hal. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Di antaranya, Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Kebudayaan Timor Leste akan secara reguler mengirimkan siswa lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas-nya (SLTA) untuk melanjutkan pendidikannya di Presuniv melalui berbagai skema. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kami menyambut baik perpanjangan MoU ini. Kami selalu siap untuk berpartisipasi dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia dari Timor Leste,” kata Rektor Presuniv Chairy dalam keterangannya, Rabu (22/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Saat ini tercatat ada ratusan mahasiswa asal Timor Leste yang kuliah di Presuniv. Mereka datang dari berbagai sekolah yang ada di Timor Leste, seperti St. Magdalena Canossa, San Pedro, St. Jude Thadeus International School, San Jose, Collegio De Santo Inacio De Lolola, dan Collegio Paulo. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Nadiem Klaim Kebijakannya Beri Banyak Dampak Positif Bagi Masyarakat

“Kami senang menyaksikan mahasiswa-mahasiswa Timor Leste bisa kuliah di President University. Semoga kelak setelah lulus mereka bisa segera kembali untuk membangun negaranya, Timor Leste,” kata Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Kebudayaan Timor Leste, Longuinhos dos Santos.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Longuinhos dos Santos mengungkapkan alasannya mengapa Pemerintah Timor Leste memilih mengirimkan para mahasiswanya untuk kuliah di Presuniv. Pertama, sistem pendidikan di Presuniv yang mengombinasikan teori dan praktek secara bersamaan. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ini terutama didukung oleh perusahaan-perusahaan yang ada di kawasan industri Jababeka. Kedua, penggunaan bahasa Inggris dalam perkuliahan. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Semua itu pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa Timor Leste. Chairy bilang secara umum yang dihadapi oleh sebagian besar mahasiswa ketika kuliah di Presuniv adalah kemampuan dalam berbahasa Inggris. Namun, dia menyebut khusus bagi mahasiswa Timor Leste cukup cepat dalam belajar bahasa dan menunjukkan keinginan yang kuat terus berkembang. 

Berita Lainnya:
Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Jadi Peluang Bagi Generasi Digital

Kunjungan Menteri Longuinhos dos Santos salah satu bentuk kegiatan yang mewarnai hubungan kerja sama antara Presuniv dengan Pemerintah Timor Leste. Kerja sama ini sudah terjalin sejak tujuh tahun silam.

Sebelumnya pada Juli 2022, delegasi dari Timor Leste juga berkunjung ke kampus Presuniv. Mereka terdiri dari Antonio Verdial de Sousa, Ketua Komisi G Parlemen Nasional Timor Leste, Gabriela Alves yang menjadi Sekretaris Komisi G, Aderito Manuel Aves Guterres, Atase Pendidikan Timor Leste Republik Indonesia, serta jajaran lainnya. Kemudian, Presuniv juga memfasilitasi mahasiswa Timor Leste untuk membentuk asosiasi mahasiswa Timor Leste di Presuniv. Organisasi tersebut dinamai President University Timorese Student Association atau PUTSA.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi