Jumat, 26/04/2024 - 23:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Kaisar Jepang Sampaikan Pidato Ulang Tahun Pertama Sejak Pandemi

ADVERTISEMENTS

Kaisar Jepang Naruhito melambai kepada para simpatisan saat ia muncul di balkon Istana Kekaisaran untuk menandai ulang tahun ke-63 kaisar di Tokyo, Jepang, Kamis (23/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

TOKYO — Kaisar Jepang Naruhito menyampaikan pidato ulang tahun pertamanya sejak diangkat sebagai kaisar empat tahun yang lalu. Perayaan ulang tahunnya tertunda akibat pandemi Covid-19. Dalam pidatonya, ia mendesak bantuan bagi orang-orang yang mengalami kesulitan akibat pandemi dan inflasi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari-hari di tengah pandemi dan kenaikan harga,” kata Naruhito berdasarkan transkripsi konferesi pers yang dirilis di hari ulang tahunnya, Kamis (23/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kemlu: Tak Ada Korban WNI dalam Insiden Jembatan Ambruk Baltimore

Beberapa jam sebelum ia berdiri di balkon istana untuk menerima sambutan dan doa dari ribuan warga yang berkumpul di depan istana.

ADVERTISEMENTS

“Hati saya sakit saat memikirkan rakyat di posisi yang rentan, mereka yang sudah tua, orang-orang yang memiliki disabilitas, mereka yang membutuhkan bantuan dan orang-orang dalam kemiskinan dan anak-anak mereka,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Tapi itu menggembirakan dan saya bersyukur mengetahui banyak orang yang mendukung orang-orang dalam posisi rentan,” tambahnya.

Kemunculan kaisar di hari ulang tahunnya merupakan tradisi tahunan. Tapi kegiatan itu dihentikan sementara sejak tahun 2020 karena pandemi Covid-19. Bulan lalu Naruhito juga kembali menyampaikan tradisi pidato Tahun Baru untuk pertama kalinya sejak 2020.

Berita Lainnya:
Pria di Korea Bunuh 76 Kucing dan Dipenjara 14 Bulan, Apa Penyebabnya Tega Melakukan Itu?

Naruhito ditemani istrinya, Permaisuri Masako, dan putrinya Aiko yang berusia 21 tahun. Adiknya Putra Mahkota Pangeran Akishino dan istrinya dan putrinya juga turut hadir. Semuanya mengenakan masker warna putih.

Badan Rumah Tangga Kekaisaran mengatakan warga yang hadir dibatasi 5.000 orang dari 60 ribu orang yang mendaftar. Sebelum pandemi acara ini terbuka bagi siapa pun.

“Saya merasa sangat senang ulang tahun saya dirayakan di hadapan publik untuk pertama kalinya,” kata Naruhito di istananya.

Dalam konferensi pers ia juga mengungkapkan apresiasi yang mendalam pada Masako yang telah menemaninya selama lebih dari seumur hidupnya.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi