Minggu, 05/05/2024 - 03:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Apakah Ada Hari Tertentu untuk Puasa Syaban?

ADVERTISEMENTS

Apakah Ada Hari Tertentu untuk Puasa Syaban?. Foto: Ilustrasi Puasa

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Umat Islam diperintahkan untuk terus mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berbagai bentuk ibadah. Namun ibadah tersebut tidak boleh menyimpang dari ajaran Rasulullah SAW.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Karena Dia telah menetapkan bagi kita model yang tepat yang harus kita ikuti agar tetap teguh di jalan yang benar. Oleh karena itu sangat penting bagi seorang Muslim yang taat untuk memastikan bahwa ibadahnya memiliki dasar baik dalam Al- Qur’an dan Sunnah Nabi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Salah satunya Nabi lebih rajin berpuasa di bulan Sya’ban dibanding bulan-bulan lainnya. Aisyah melaporkan bahwa Nabi tidak pernah berpuasa selama sebulan penuh kecuali di bulan Ramadhan.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Sebagian orang menjalankan puasa selama tiga bulan berturut-turut, Rajab, Syaban dan  Ramadhan, diikuti dengan  enam hari Syawal. Artinya, mereka mulai berpuasa pada awal Rajab hingga tujuh Syawal, kecuali Hari Raya Idul Fitri.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Mengapa Sholat dan Zakat Hukumnya Wajib dalam Islam?

Namun baik Nabi maupun para sahabatnya atau bahkan penerus mereka dilaporkan tidak melakukannya. Nabi biasa berpuasa beberapa hari setiap bulan. Aisyah ra mengatakan bahwa Nabi kadang-kadang akan menjalankan puasa terus menerus, sampai-sampai para sahabat mengira dia tidak akan pernah berbuka puasa, dan di lain waktu dia akan menahan diri dari puasa sampai-sampai mereka mengira dia tidak akan berpuasa lagi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Nabi biasanya puasa pada hari Senin dan Kamis dan tiga hari setiap bulan (tanggal 13, 14 dan 15). Dia kadang-kadang biasa berpuasa setiap hari, mengikuti pola Nabi Dawud (saw). 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dari Ibnu Umar radhiyallahuanhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Puasalah sehari dan berbukalah sehari. Itu adalah puasanya nabi Daud as dan itu adalah puasa yang paling utama.” (HR Bukhari)

Berita Lainnya:
Kisah Singkat Nabi Adam AS Melaksanakan Haji untuk Pertama Kalinya

Nabi biasa menjalankan puasa di Syaban lebih dari yang dia lakukan di bulan-bulan lainnya. Ini adalah semacam persiapan diri untuk datangnya Ramadhan. Tapi tidak ada bukti tekstual bahwa ada hari-hari tertentu di bulan Syaban.

Pada umumnya, tidak diperbolehkan bagi seseorang untuk memilih hari-hari tertentu untuk menjalankan puasa sunnah atau malam-malam tertentu untuk melakukan Shalat Malam, tanpa dasar hukum untuk tindakan itu. Ibadah tidak boleh hanya berdasarkan keinginan manusia.

Sebaliknya, mereka tunduk pada hukum Ilahi. Jadi, menentukan waktu dan tempat tertentu untuk beribadah dan deskripsi berbagai tindakan ibadah adalah urusan Ilahi, bukan urusan manusia.

Sumber:

Shaban Fasting: Any Specific Days?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi