Minggu, 16/06/2024 - 14:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

BI Ungkap Peran Strategis Perbankan dalam Penurunan Emisi Karbon

Petugas melakukan perawatan panel surya pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (21/9/2022). Direktur Eksekutif Departemen Manajemen Strategi dan Tata Kelola Bank Indonesia (BI) Dwityapoetra Soeyasa Besar menilai peran perbankan sangat penting untuk menurunkan emisi karbon.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Direktur Eksekutif Departemen Manajemen Strategi dan Tata Kelola Bank Indonesia (BI) Dwityapoetra Soeyasa Besar menilai peran perbankan sangat penting untuk menurunkan emisi karbon.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Ini karena perbankan nanti akan terkait dengan perusahaan-perusahaan yang akan menurunkan emisi karbon, baik secara langsung maupun tidak langsung,” ungkap Dwityapoetra dalam SPARK Indonesia Banking and Finance Summit 2023 yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin (28/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Dengan demikian peranan perbankan nantinya akan mempengaruhi peningkatan pembiayaan hijau secara langsung maupun peningkatan berbagai proyek hijau. Maka dari itu, pria yang akrab disapa Dwitya ini menekankan kolaborasi antar institusi, termasuk perbankan, pemerintah BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan lain-lain merupakan hal yang wajib dilakukan dalam agenda perubahan iklim.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Dukung UMKM, Kementerian BUMN Bikin Festival Kuliner Nusantara

BI sejauh ini telah mendukung perbankan untuk mendorong agenda perubahan iklim melalui tiga kebijakan, yakni kebijakan mengenai Loan To Value (LTV) maupun uang muka (Down Payment/DP), Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM), serta insentif penurunan Giro Wajib Minimum (GWM). BI telah memberikan kebijakan pelonggaran LTV dan DP Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) yang memiliki emisi karbon rendah. Dengan begitu, perbankan bisa memberikan uang muka yang rendah kepada debitur untuk mempermudah debitur mengajukan kredit.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Pemilih Inggris Ingin Partai Politik Bertindak Atasi Perubahan Iklim 

“Namun terkait risiko dari masing-masing debitur menjadi kewajiban bank untuk menilainya,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Kemudian, lanjut dia, terkait RPIM, BI telah memberikan ketentuan kepada perbankan untuk memenuhi RPIM yang dilakukan secara bertahap yaitu paling sedikit sebesar 20 persen pada 2022, 25 persen pada 2023, dan 30 persen pada 2024.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Untuk melakukan pemenuhan RPIM ini, bank diharuskan untuk terlebih dahulu membeli obligasi hijau. Sementara untuk penurunan GWM diberikan bank sentral kepada perbankan guna menambah likuiditas bank sehingga bank bisa lebih mudah untuk memberikan pembiayaan kepada berbagai proyek hijau.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

sumber : Antara

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ مَطْلِعَ الشَّمْسِ وَجَدَهَا تَطْلُعُ عَلَىٰ قَوْمٍ لَّمْ نَجْعَل لَّهُم مِّن دُونِهَا سِتْرًا الكهف [90] Listen
Until, when he came to the rising of the sun, he found it rising on a people for whom We had not made against it any shield. Al-Kahf ( The Cave ) [90] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi