Jumat, 03/05/2024 - 22:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Kanada akan Selidiki Kemungkinan Keterlibatan Cina di Pemilu

ADVERTISEMENTS

 TORONTO — Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pada Senin (6/3/2023), akan menunjuk penyelidik khusus untuk memutuskan perlu atau tidak penyelidikan publik atas laporan campur tangan Cina dalam pemilu Kanada. Dia juga meminta komite keamanan nasional parlemen memeriksa informasi rahasia tentang masalah tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Kami akan meminta pelapor khusus independen, sebagai salah satu tugas pertama dari mandat mereka untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah tentang langkah selanjutnya yang tepat, apakah itu penyelidikan, investigasi, atau peninjauan yudisial, serta apa ruang lingkup pekerjaan itu mungkin,” kata Trudeau.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Laporan Globe and Mail yang mengutip sumber intelijen yang tidak disebutkan namanya menyatakan bulan lalu, Cina lebih suka melihat kelompok liberal Trudeau terpilih kembali dalam Pemilu 2021. Trudeau dinilai perlu mengalahkan politisi konservatif yang dianggap tidak bersahabat dengan Beijing.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Khamenei: Iran Telah Menunjukkan Kekuatannya Melawan Israel 
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Partai oposisi telah menuntut penyelidikan publik penuh atas klaim tersebut. Namun Trudeau menolak untuk melakukannya sekarang.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Kami telah lama mengetahui, seperti yang dikonfirmasi sebuah laporan independen pekan lalu, bahwa Pemerintah Cina dan rezim lain seperti Iran dan Rusia berusaha ikut campur tidak hanya dalam demokrasi kita tetapi juga di negara kita secara umum, apakah itu institusi kita, bisnis kami, fasilitas penelitian kami, atau dalam kehidupan sehari-hari warga kami,” kata Trudeau.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Perdana menteri itu mengatakan, akan menunjuk pelapor khusus independen yang akan memutuskan diperlukan penyelidikan publik atau tidak. Trudeau berjanji akan mematuhi rekomendasi tersebut.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Semua pemimpin politik setuju bahwa hasil pemilu pada 2019, dan pada 2021, tidak dipengaruhi campur tangan asing. Namun bahkan jika itu tidak mengubah hasil pemilu kita, upaya campur tangan apa pun, oleh aktor asing mana pun, akan meresahkan dan serius,” ujar Trudeau.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Lewat Aturan, Israel Kini Racuni Air Minum Warga Palestina

Pemimpin Oposisi Konservatif Pierre Poilievre mengkritik gagasan komite Parlemen yang terlibat. Dia mengatakan pada Senin (6/3/2023),  keputusan itu hanya akan menghasilkan pejabat yang memberikan beberapa informasi kepada anggota parlemen oposisi, kemudian bersumpah untuk merahasiakannya sehingga mereka tidak akan pernah membicarakannya lagi.

“Sangat efektif, itu akan menjadi trik untuk mencoba dan mencegah siapa pun memperdebatkan masalah ini,” ujar Poilievre.

Polisi Royal Canadian Mounted menyatakan sedang menyelidiki kemungkinan pelanggaran Undang-Undang Keamanan Informasi mengenai laporan media baru-baru ini. Penyelidikan ini berpusat dugaan campur tangan asing dalam dua pemilihan federal terakhir.

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi