Jumat, 03/05/2024 - 21:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Bumi Terancam Ditabrak Asteroid, Kapan?

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA—Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan sedang melacak asteroid bernama 2023 DW yang kemungkinan bisa menabrak Bumi pada 14 Februari 2046 atau berselang sekitar 23 tahun lagi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Apa itu asteroid 2023 DW? Menurut Asteroid Watch NASA, 2023 DW adalah asteroid yang diperkirakan memiliki diameter sekitar 49,29 meter. Saat ini, 2023 DW berada pada jarak sekitar 0,12 unit astronomi (AU) dari Bumi. Satuan astronomi adalah jarak rata-rata antara pusat Bumi dan pusat Matahari.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Sehubungan dengan Matahari, asteroid tersebut bergerak dengan kecepatan sekitar 24,64 kilometer per detik. 2023 DW membutuhkan waktu sekitar 271 hari untuk menyelesaikan satu orbit mengelilingi Matahari. Pada perihelionnya, atau titik terdekatnya dengan Matahari, jaraknya bisa mencapai 0,49 AU dari bintang di pusat sistem planet kita. Tentu saja, angka-angka ini bisa berubah berdasarkan pengamatan lebih lanjut terhadap objek dekat Bumi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

NASA menyatakan tidak dapat mengatakan asteroid pasti menabrak Bumi,  tetapi kemungkinannya “sangat kecil”. “Sering kali ketika objek baru pertama kali ditemukan, dibutuhkan beberapa minggu data untuk mengurangi ketidakpastian dan memprediksi orbitnya secara memadai bertahun-tahun ke depan,” tulis akun Twitter NASA Asteroid Watch dilansir The Indian Express, Kamis (9/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
BRIN Teliti Dampak Logam Seng Terhadap Rajungan dan Bandeng di Teluk Jakarta

Pada saat penulisan, asteroid 2023 DW berada di bagian atas “Daftar Risiko” Badan Antariksa Eropa. Badan itu membuat katalog semua objek yang mendekati Bumi dan menimbulkan risiko dampak tertinggi.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menurut Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, asteroid saat ini terdaftar pada level 1 pada skala Torino, yang berarti bahwa ini adalah “penemuan rutin di mana lintasan dekat Bumi diperkirakan tidak menimbulkan tingkat bahaya yang tidak biasa.”

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Berdasarkan perhitungan saat ini, kemungkinan tabrakan sangat tidak mungkin, dan oleh karena itu, seharusnya tidak menyita perhatian publik. Juga, ada peluang bagus bahwa pengamatan teleskopik baru akan memungkinkan para ilmuwan menetapkannya kembali sebagai ancaman level 0. Jadi ya, kemungkinan asteroid benar-benar menabrak Bumi cukup rendah saat ini.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Berapa Lama Durasi Gerhana Matahari Total 8 April?

Bagaimana jika asteroid benar-benar berada di jalur tabrakan dengan Bumi? Satu-satunya strategi mitigasi asteroid yang dapat dibuat hanyalah teori. Namun, semua itu berubah pada Oktober tahun lalu ketika misi DART (Double Asteroid Redirection Test) NASA menabrak asteroid Dimorphos, yang berhasil mengubah jalurnya dan mendemonstrasikan strategi mitigasi asteroid pertama manusia.

Jadi bagaimana cara kerja metode mitigasi asteroid “penabrak kinetik” ini jika menggunakannya di asteroid 2023 DW? Intinya, NASA akan menabrakkan pesawat ruang angkasa kecil ke asteroid agar dapat sedikit mengubah jalurnya.

Pejabat NASA menggambarkan upaya ini sebagai tindakan “menabrak mobil golf ke dalam piramida besar.” Meskipun kedengarannya tidak terlalu berdampak, pesawat ruang angkasa hanya bisa menunda atau mempercepat asteroid beberapa menit.

Karena Bumi, rata-rata, bergerak dengan kecepatan luar biasa sekitar 30 kilometer per detik, maka diperkirakan tidak akan berada pada titik di orbitnya yang bisa bersinggungan dengan jalur asteroid. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi