Selasa, 07/05/2024 - 11:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Polres Trenggalek Ajarkan Literasi Hukum kepada Pelajar

ADVERTISEMENTS

 TRENGGALEK — Kepolisian Resort (Polres) Trenggalek, Jawa Timur, menggiatkan kegiatan edukasi hukum kepada kalangan pelajar di daerah itu dengan menjadwal rutin kunjungan ke sekolah menengah tingkat pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“(Edukasi) ini bertujuan untuk membangun kesadaran hukum sejak dini di kalangan pelajar, sekaligus untuk meminimalkan potensi kenakalan remaja,” kata Kepala SatuanPembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Trenggalek AKP Mujiata di Trenggalek, Sabtu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Untuk mengoptimalkan kegiatan tersebut, kata dia, selain menghadirkan personel Binmas secara bergilir ke sekolah-sekolah, juga jajaran polsekmelakukan sosialisasi dan edukasi hukum kepadakalangan pelajar itu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Acara yang dikemas dengan program “Sambang Sekolah” dengan memberikan penyuluhan hingga pembinaan tentang kenakalan remaja itu diharapkan dapat mencegah kalangan pelajar terlibat tindak pidana.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Muluskan Air Dropping Bantuan RI ke Gaza via Udara, Prabowo Didukung Warganet

Menurut dia, kasus gangguan kamtibmas dengan melibatkan pelajar atau anak usia sekolah saat ini menjadi perhatian publik. Salah satu contoh seperti yang dilakukan empat pelajar yang kini menyandang status tersangka setelah melempar batu rombongan mobil peziarah.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Pihaknya menggencarkan kegiatan sambang sekolah mulai 27 Februari?13 Maret dalam rangka Operasi Bina Kusuma Semeru 2023 di mana salah satu sasarannya adalah kenakalan remaja.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Kami juga rutin menggelar kegiatan di sekolah, misalnya dengan menjadi pembina upacara. Dalam kesempatan itu kita sampaikan edukasi-edukasi kepada para siswa,” katanya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Ada empat fokus yang menjadi tujuan kegiatan kepolisian di lingkungan sekolah, yakni mulai sosialisasi pencegahan tindak kriminalitas, pergaulan bebas, pencegah penyalahgunaan narkoba dan balapan liar.

Berita Lainnya:
NTB Peroleh 5.100 Pompa Air untuk Hidupkan Lahan Kering

Oleh karenaitu dalam kegiatan itu, Satuan Binmas juga berkolaborasi dengan unsur lainnya, diantaranya adalah Satlantas dan Satreskoba.

“Selain program Sambang Sekolah, kamijuga ada kegiatan sambang ke perguruan silat. Intinya kami sampaikan imbauan agar tidak melakukan konvoi di jalan yang bisa berdampak pada gangguan kamtibmas,” kata dia.

Selain ada dorongan dari pihak kepolisian, juga diharapkan kolaborasi antara orang tua dan para guru di sekolah menjadi langkah kongkret untuk mencegah kenakalan remaja, sehingga tidak terjerumus dalam hal-hal yang dapat merugikan masa depan anak.

“Sebab, kedua figur itu dinilai paling banyak berinteraksi dengan anak di lingkungan rumah dan sekolah,” ujarnya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi