Sabtu, 04/05/2024 - 14:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Kementan: 811 Ribu Petani Gunakan KUR Setelah Dilatih

ADVERTISEMENTS

Petani mengawasi proses panen padi menggunakan mesin di Bantul, Yogyakarta, Senin (16/1/2023). Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat sedikitnya ada 811 ribu petani baik milenial maupun petani berusia tua yang sudah mengakses dan menggunakan kredit usaha rakyat (KUR) untuk menjalankan usaha taninya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat sedikitnya ada 811 ribu petani baik milenial maupun petani berusia tua yang sudah mengakses dan menggunakan kredit usaha rakyat (KUR) untuk menjalankan usaha taninya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Lebih detail, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan, Dedi Nursyamsi menjelaskan, dari sekitar 546 ribu petani milenial yang dibina Kementan, sebanyak 140 ribu petani sudah mampu menggunakan KUR dengan baik. Total plafon KUR yang diserap mencapai Rp 6,57 triliun.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pedagang Buang 10 Ton Pepaya di Kramat Jati karena Harga Anjlok
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Untuk petani usia tua dari total yang mendapatkan pelatihan 6,7 juta petani, sedikitnya ada 671 ribu petani sudah mengakses KUR dengan total kredit lebih dari Rp 40 triliun.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Bila dikalkulasikan, total petani yang sudah menggunakan KUR mencapai 811 petani dengan nilai kredit mencapai lebih dari Rp 46 triliun. “Ini pencapaian yang luar biasa. Dua tahun lalu saat kita memulai pertama kali pelatihan, ada yang bertanya apa dampaknya? Ini dampaknya,” kata Dedi dalam konferensi pers di Bogor, Jawa Barat, Senin (13/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
125 Ribu Penumpang Domestik Masuk Bali Saat Arus Mudik

Seperti diketahui, sejak dua tahun terakhir, Kementan mulai menggelar berbagai pelatihan bagi petani maupun penyuluh pertanian untuk meningkatkan kemampuan manajemen usaha. Hal itu baik dari sisi budi daya, manajemen usaha, hingga penggunaan kredit perbankan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Dampak selanjutnya dari KUR ini adalah pembangunan pertanian kita bisa berjalan baik meskipun kita dihantam oleh Covid-19,” kata dia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dedi menyebut, total jumlah petani dan penyuluh yang telah dilatih melalui berbagai pelatihan sudah mencapai 10,2 juta orang. Tahun ini, pihaknya pun kembali menggelar Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh dengan target peserta 1,8 juta orang, pelatihan akan fokus pada manajemen penggunaan pupuk organik.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi