Sabtu, 27/04/2024 - 04:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kementerian BUMN Luncurkan Program Mudik Gratis Siapkan 65 Ribu Kursi

ADVERTISEMENTS

BANDUNG — Kementerian BUMN meluncurkan program mudik gratis tahun 2023 pada perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah dengan menyiapkan 65 ribu kuota kursi di berbagai moda transportasi seperti bus, kapal laut dan kereta api. Pendaftaran mudik gratis mulai dibuka per hari ini, Rabu (15/3/2023) yang dikoordinatori oleh Jasa Raharja.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono mengatakan kuota program mudik gratis bertambah dari tahun 2022 yang hanya 40 ribu menjadi 65 ribu di tahun 2023. Pemudik yang akan melaksanakan mudik lebaran 1444 Hijriah diperkirakan mencapai 123 juta orang dari tahun sebelumnya hanya 85 juta.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Ini (mudik gratis) akan kita siapkan seluruhnya dan lebih dari 60 BUMN nantinya bersama-sama berkolaborasi,” ujarnya saat menyampaikan keterangan pada sesi konferensi pers di Bandung, Rabu (15/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ia mengatakan satu keluarga yang mendaftar pada program mudik gratis dibatasi hanya empat orang. Kebijakan tersebut diambil agar kuota mudik gratis dapat merata dirasakan oleh seluruh masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Pegawai Pemerintah vs Karyawan Swasta, Siapa On Time Kerja Saat Ramadhan?

Rivan mengatakan program mudik gratis menggunakan moda transportasi umum dilakukan untuk meminimalisasi penggunaan sepeda motor untuk kegiatan mudik. Sebab tercatat pada tahun 2022 lalu, angka kecelakaan lalu lintas saat mudik sebanyak 77,4 persen merupakan sepeda motor.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Di 2023 ini bersama menteri perhubungan dan seluruh stakeholder mengingatkan kepada masyarakat tidak melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat dapat menggunakan moda transportasi yang telah disiapkan pada program mudik gratis. Jasa Raharja bersama BUMN lainnya akan terus mengkampanyekan saat mudik tidak menggunakan sepeda motor.

Rivan menambahkan pendaftaran program mudik gratis per hari ini, Rabu (15/3/2023), sudah dimulai secara online. Sedangkan jadwal keberangkatan mudik gratis menggunakan kereta api akan dimulai pada H-7 dan dengan moda transportasi bus pada H-4.

Ia mengatakan mayoritas pemberangkatan mudik banyak berada di wilayah Jabodetabek. Sedangkan tujuan mudik mayoritas berada di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Berita Lainnya:
Rachmat Gobel: Program Magang Buka Peluang Kerja yang Inklusif

Direktur Operasional PT Jasa Raharja Dewi Ariyani mengatakan 76 BUMN terlibat dalam program mudik gratis dengan target pemudik yang dapat ikut sebanyak 65.603 pemudik. Bus yang disiapkan 1.009 unit, 30 rangkaian kereta api dan tujuh kapal laut.

“Seluruh pemudik menggunakan angkutan moda transportasi umum sepenuhnya akan mendapatkan perlindungan dari Jasa Raharja,” katanya.

Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono mengatakan program mudik gratis merupakan bentuk konkret dari kementerian untuk mencegah kecelakaan melalui pengalihan penggunaan kendaraan pribadi terutama sepeda motor ke bus, kereta api dan kapal laut.

“Tahun ini Kementerian BUMN menunjuk koordinator Jasa Raharja berkoordinasi dengan forum tanggung jawab sosial lingkungan didukung BUMN lainnya. Masyarakat bisa merasakan impact dari tanggung jawab sosial lingkungan ini,” katanya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi