Sabtu, 27/04/2024 - 07:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Taiwan Siapkan Rencana Kontingensi Hadapi Cina Selama Presiden di Luar Negeri

ADVERTISEMENTS

Deputi Menteri Pertahanan Taiwan Po Horng-huei mengatakan Kementerian Pertahanan memiliki rencana kontingensi pada setiap gerakan Cina selama Presiden Tsai Ing-wen berada di luar negeri. Tsai dijadwalkan akan berangkat ke Amerika Serikat (AS) dan Amerika Tengah pekan depan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

TAIPEI — Deputi Menteri Pertahanan Taiwan Po Horng-huei mengatakan Kementerian Pertahanan memiliki rencana kontingensi pada setiap gerakan Cina selama Presiden Tsai Ing-wen berada di luar negeri. Tsai dijadwalkan akan berangkat ke Amerika Serikat (AS) dan Amerika Tengah pekan depan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Cina yang mengklaim Taiwan bagian dari wilayahnya menggelar latihan perang skala besar sekitar pulau itu sejak Agustus tahun lalu. Ketika ketua House of Representative AS saat itu Nancy Pelosi berkunjung ke Taiwan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Zelenskyy Hadiri Pertemuan di Lithuania, Bahas Perang dengan Rusia

Tsai dijadwalkan menggelar kunjungan luar negeri ke sekutu diplomatik Taiwan, yakni Guetemala dan Belize pada pekan depan. Tapi ia akan singgah di New York dan Los Angeles.

ADVERTISEMENTS

Selama di California diperkirakan Tsai akan bertemu dengan ketua House saat ini Kevin McCarthy. Pertemuan itu menjadi isu paling sensitif dalam kunjungan luar negeri Tsai kali ini. Kantor kepresidenan Taiwan menolak memberi konfirmasi apakah pertemuan itu akan dilakukan atau tidak.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Di sela sidang parlemen, wartawan bertanya pada Po apakah ada kemungkinan Cina kembali menggelar latihan militer saat Tsai sedang di luar negeri. Ia mengatakan angkatan bersenjata Taiwan sudah siap.

“Mengenai apa yang sudah komunis Cina lakukan di masa lalu, kementerian pertahanan telah memahaminya, dan akan mempertimbangkan skenario terburuk,” kata Po, Rabu (22/3/2023).

Berita Lainnya:
Perwakilan PBB Palestina: Jangan Biarkan Kelaparan Terjadi Berlarut-larut

“Selama kunjungan luar negeri presiden, kementerian pertahanan sudah memiliki rencana kontingensi terhadap semua langkah Cina,” kata Po yang menolak memberikan detail lebih lanjut.

AS mengatakan tidak ada alasan bagi Cina bereaksi atas perjalanan luar negeri Tsai. Washington mengatakan transit Tsai merupakan hal rutin dan sudah dilakukan berulang kali.

Cina yang mengecam transit Tsai di AS melanjutkan aktivitas militernya di sekitar Taiwan. Meski saat ini skalanya sudah mulai berkurang. Taiwan menolak kedaulatan Cina dan mengatakan hanya rakyat Taiwan yang dapat memutuskan masa depannya sendiri.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi