Jumat, 26/04/2024 - 22:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Kisah Sahabat Mendadak tak Khusyu ketika shalat

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Ada cerita di zaman Nabi Muhammad SAW yang jika diamati sekilas menarik disimak. Seorang sahabat, yang sedang sholat berjamaah bersama Rasulullah SAW dan sahabat yang lain, mengucapkan doa yarhamukallah saat ia mendengar orang bersin.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kisah tersebut diceritakan sendiri oleh sahabat yang berbuat, yaitu Muawiyah bin Hakam As-Sulami. Dia mengatakan, ketika ia sedang sholat bersama Rasulullah SAW, tiba-tiba ada orang bersin.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Lalu kuucapkan Yarhamukallah (semoga Allah memberi Anda rahmat). Karena itu, seluruh jamaah pun menunjukkan pandangannya kepadaku,” kata Muawiyah dalam hadits riwayat Muslim. Muawiyah terheran-heran, “Duh, mengapa kalian semua menengok kepadaku?”

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Empat Kebiasaan Orang Beriman

Para jamaah sholat itu bahkan menepuk paha mereka seolah hendak menyampaikan suatu tanda kepada Muawiyah. Hingga kemudian barulah Muawiyah menyadari bahwa mereka menyuruhnya untuk diam, dan dia pun diam.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Usai sholat, Muawiyah khawatir akan dimarahi Nabi Muhammad, tapi ternyata tidak. “Demi Allah, aku belum pernah bertemu dengan seorang guru yang sepandai beliau mengajar. Demi Allah, beliau tidak mengasariku, memukul ataupun memaki,” ujar Muawiyah dalam riwayatnya.

Berita Lainnya:
Komedian Babe Cabita Wafat, Berikut 12 Tanda Orang yang dekat dengan Kematian

Lalu Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sungguh tidak pantas bercakap-cakap dalam sholat, karena sholat itu adalah tasbih, takbir, dan membaca Alquran.”

Dalam riwayat lain, dari Abdullah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya ada kesibukan yang sungguh-sungguh (khusyu) dalam sholat.” (HR Muslim)

Dari Zaid bin Arqam, dia berkata, “Dahulu kami bercakap-cakap dalam sholat. Seorang laki-laki bercakap-cakap dengan teman di sampingnya, hingga turun ayat ‘Sholatlah kamu karena Allah dengan khusyu’ (QS Al Baqarah ayat 238). Lalu kami disuruh diam, dilarang bercakap-cakap.” (HR Muslim).

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi