Minggu, 05/05/2024 - 13:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Impor KRL Ditolak, KCI Diminta Lakukan Modifikasi Teknologi

ADVERTISEMENTS

Sejumlah penumpang menunggu kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (19/5/2022). Pemerintah meminta kepada PT Kereta Commuter Indonesia atau KCI segera melakukan penambahan teknologi fitur baru atau retrofit terhadap sistem rangkaian kereta lama.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Pemerintah meminta kepada PT Kereta Commuter Indonesia atau KCI segera melakukan penambahan teknologi fitur baru atau retrofit terhadap sistem rangkaian kereta lama. Hal ini dilakukan untuk memenuhi ketersedian kereta rel listrik yang beroperasi di lapangan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Deputi Bidang Koordinasi Pertambangan dan Investasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Septian Hario Seto mengatakan, pemesanan untuk melakukan retrofit dapat dilakukan lebih awal. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Transportasi Berbasis Rel Menyelamatkan Udara Bersih, Mengosongkan Ruang
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Jadi, pertama, review pola operasi agar tetap bisa dioptimalkan lagi. Kedua, review sistem perawatan menjamin keselamatan dan keandalan sarana khususnya teknologi-teknologi yang memang sudah tua,” ujarnya saat konferensi pers, Kamis (6/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Seto menjelaskan, pemesanan untuk melakukan retrofit dibandingkan pengadaan melalui impor sama-sama membutuhkan waktu pada 2024 mendatang.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Jadi, kalau retrofit bisa dilakukan pemesanannya dari sekarang. Sebenarnya kami juga melihat planning kalau bisa dilakukan lebih baik, lebih awal, ini juga lebih bagus,” jelasnya. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Menurutnya, opsi retrofit juga mempertimbangkan perbaikan rangkaian kerangka bagian kereta rel listrik. Hal ini untuk mengatasi kekurangan trainset kereta rel listrik Jabodetabek dibandingkan impor kereta rel listrik bekas.

Berita Lainnya:
Adaro Energy Cetak Laba Bersih 374,3 Juta Dolar AS di Kuartal I-2024

“Teknologi upgrade, nanti dilihat apa yang perlu diperbaiki. Dari sisi equipment, sistem penggerak, bisa teknologi baru. Bodi rangka kalau bisa diganti,” ucapnya.

 

Menurutnya, konservasi 44 unit kereta rel listrik akan dilakukan secara bertahap pada 2023. Menurut BPKP, dari unit yang ada saat ini masih mencukupi kebutuhan operasional KCI.

 

Kendati demikian, Seto memastikan akan ada rangkaian kereta rel listrik yang pensiun. Oleh karena itu, retrofit kereta rel listrik harus didorong. Seto juga meminta KCI melakukan pengadaan kereta baru dari produksi dalam negeri secara paralel.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi