Selasa, 30/04/2024 - 02:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Danrem Berharap Pemkot Bogor Revitalisasi Bangunan Cagar Budaya RS Salak

ADVERTISEMENTS

BOGOR— Danrem 061 Suryakancana, Brigjen TNI Rudy Saladin, berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bisa merevitalisasi bangunan cagar budaya di kawasan Rumah Sakit Salak yang terbakar. Bangunan tersebut merupakan Markas Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 03.04.01 Kota Bogor.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Terkait dengan pembangunan selanjutnya, nanti mungkin bisa tanya ke Pak Wali Kota. Terutama terkait dengan gedung Madenkes yang sebelumnya adalah cagar budaya di Kota Bogor ini. Memang maunya kita ada program revitalisasi,” kata Rudy, Sabtu (8/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kendati demikian, menurutnya perlu ada kajian bangunan forensik terlebih dahulu. Apakah bangunan tersebut layak atau tidak untuk dilakukan revitalisasi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kita serahkan nanti kepada tim untuk menentukan layak atau tidaknya direvitalisasi,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Gim Free Fire Diminta Diblokir, Begini Komentar Kemenkominfo

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, mengaku akan berkoordinasi dengan Danrem 061 Suryakancana dan Dandim 0606 Kota Bogor terkait revitalisasi bangunan bersejarah ini. Bahkan menurutnya Pemkot Bogor siap mengalokasikan anggaran untuk revitalisasi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Namun, lanjut dia, akan dilakukan kajian forensik bangunan terlebih dahulu yang hadilnya akan dipelajari. Dari kajian tersebut, akan terlihat bangunan mana yang masih bisa diselamatkan dan tidak.

“Kemudian nanti setelah itu, konsep revitalisasinya seperti apa Ini karena aset ya, betul-betul cagar budaya 1894 gitu. Jadi semaksimalnya mungkin kita selamatkan,” tutur dia.

Terkait desain, Bima Arya mengatakan, hal itu akan didiskusikan bersama juga terkait dengan fungsi ke depannya. Dia mengaju akan berikhtiar agar bisa menyelamatkan bangunan cagar budaya ini.

“Tapi dari forensik bangunan akan terlihat, mana yang bisa diselamatkan dan tidak, mana yang bangunan cagar budaya dan mana yang bangunan tambahan saja pelengkap fungsi di sini,” ujarnya.

Berita Lainnya:
MK Tak Akan Berani Kabulkan Permohonan Paslon 1 dan 3

Di samping itu, Bima Arya juga memberi atensi terhadap fungsi pelayanan RS Salak agar tidak terganggu. Pemkot Bogor pun memberikan bantuan penuh terhadap suplai obat-obatan RS Salak yang habis terbakar di ruang farmasi.

“Kemudian apabila ada perlu pasien yang dipindahkan sementara, kami siap Dinas Kesehatan berkoordinasi secara intens dengan Rumah Sakit Salak,” kata Bima Arya.

Sebelumnya, diberitakan kebakaran melanda Rumah Sakit Salak di Jalan Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Jumat (7/4/2023) siang. Diperkirakan api diakibatkan oleh konsleting listrik di sekitar ruangan medical check up.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi