Kamis, 02/05/2024 - 18:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kunjungi Tol Cisumdawu, Muhadjir Yakin Bisa Perlancar Arus Mudik

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi meninjau kesiapan penerimaan arus mudik lebaran di Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Provinsi Jawa Barat pada Ahad (9/4/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dalam kesempatan itu, Muhadjir melihat proses pengerjaan Tol Cisumdawu yang pengerjaannya sedang dikebut serta pembersihan material longsor yang sempat terjadi di satu titik. Pengerjaan pembersihan material longsor yang terjadi di satu titik tersebut diyakini tidak menghambat rencana fungsionalisasi tol.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Ya ini kan salah satu jalur yang kita harapkan sudah bisa difungsikan fungsional pada saat Lebaran nanti. Pak Menteri PUPR menyampaikan tanggal 15 April bisa selesai jalur ini, sehingga secara fungsional bisa digunakan untuk memperlancar mudik,” jelas Muhadjir di lokasi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Tol Cisumdawu Seksi 1, 2, dan 3 telah beroperasi normal dengan lebar empat lajur. Sedangkan Seksi 4, 5, dan 6 baru dibuka secara fungsional. Tol Cisumdawu yang akan difungsikan adalah Seksi 4-6 dan ruas Cimalaka-Dawuan sepanjang 28,2 kilometer. Rencananya, fungsional perdana untuk menghadapi arus mudik dimulai pada 15 April 2023.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Prabowo dan Menhan Jepang Bahas Pertukaran Kadet dan Indo-Pasifik

Berdasarkan penjelasan Menteri Basuki, kata Muhadjir, Tol Cisumdawu akan mempersingkat waktu tempuh dari Cileunyi, Kabupaten Bandung sampai Dawuan, Kabupaten Subang.mSehingga, masyarakat dari Bandung yang akan mudik ke arah Semarang, Jawa Tengah tidak perlu ke Cikampek, tapi bisa langsung melalui Dawuan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sehingga sangat membantu mengurai kemacetan di ruas Tol Cipali. “Kalau dengar penjelasan dari Pak Menteri PUPR, saya optimis. Nanti Insya Allah kalau ini sudah secara fungsional bisa digunakan maka perjalanan mudik bisa lebih lancar di wilayah Jawa Barat khususnya untuk wilayah Sumedang dan sekitarnya,” ucap Muhadjir.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Selain meninjau Tol Cisumdawu, Muhadjir beserta rombongan sebelumnya menyempatkan meninjau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Da mendapatkan penjelasan bahwa BIJB Kertajati Majalengka kembali akan melayani penerbangan umrah dan maskapai internasional lainnya.

Berita Lainnya:
Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden-Wapres Momentum Persatuan 

Rencananya keberangkatan umrah akan dimulai pada pertengahan April mendatang. Keberangkatan haji dari BIJB tahun ini sebanyak 20 kloter atau sekitar 7.000-8.000 orang jemaah haji. Mereka berasal dari Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Indramayu, Kuningan, Subang dan Sumedang.

Dibarengi dengan beroperasinya jalan Tol Cisumdawu, Muhadjir berharap, Bandara Kertajati bisa semakin hidup, Tol Cisumdawu semakin ramai, dan masyarakat Jawa Barat yang menuju bandara maupun sebaliknya semakin nyaman. “Pengoperasian Tol Cisumdawu ini juga diharapkan sekaligus membangkitkan kembali Bandara Kertajati di kemudian hari,” jelasnya.

Menhub Budi Karya menerangkan, untuk operasional dari Tol Cisumdawu hanya akan dibuka dari pagi sampai pukul 15.00 WIB. Hal itu lantaran wilayah tol yang berada di dataran tinggi itu rawan berkabut pada malam hari dan dikhawatirkan membahayakan pemudik. Kemudian, nantinya disiasati oleh Korlantas Polri untuk melakukan sistem buka tutup atau contra flow di kawasan Tol Cipali.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi