Sabtu, 04/05/2024 - 12:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Militer Cina Mendeklarasikan Siap Bertempur di Taiwan

ADVERTISEMENTS

BEIJING — Militer Cina mendeklarasikan “siap bertempur” usai menyelesaikan latihan tempur skala besar selama tiga hari di sekitar Taiwan. Latihan yang mencakup simulasi pengepungan pulau itu merupakan respon kunjungan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen ke Amerika Serikat (AS) pekan lalu.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Sebelumnya militer Cina mengatakan “patroli kesiapan tempur” yang dinamakan Joint Sword dimaksudkan untuk memperingatkan Taiwan. Cina mengklaim pulau demokratis itu bagian dari wilayahnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Pasukan teater siap untuk bertempur setiap saat dan dapat bertempur kapan pun untuk menghantam segala bentuk upaya ‘Kemerdekaan Taiwan’ dan intervensi asing,” kata militer Cina, Senin (10/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Latihan serupa juga digelar pada bulan Agustus lalu usai kunjungan Ketua House of Representative AS saat itu Nancy Pelosi ke Taiwan. Saat itu militer Cina meluncurkan rudal ke perairan sekitar Taiwan tapi skala latihan lebih kecil dan tidak terlalu disruptif.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Pakar militer mengatakan latihan itu bertujuan sebagai intimidasi dan kesempatan pasukan Cina mempraktikan pengepungan Taiwan dengan memblokir jalur laut dan udaranya. Opsi strategis penting yang mungkin akan dilakukan militer Cina bila mereka menggunakan kekuatan militer untuk menguasai kembali Taiwan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Pengeluaran Militer Global Catat Rekor Tertinggi pada 2023, Negara Ini Juaranya

Langkah Cina mengikuti misi rumit Presiden Tsai Ing-wen untuk menjalin aliansi diplomatik Taiwan ke Amerika Tengah yang semakin sedikit dan menguatnya dukungan AS. Kunjungan Tsai diakhiri pertemuan sensitif dengan ketua House AS saat ini Kevin McCarthy di California.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Delegasi Kongres AS juga bertemu Tsai di Taiwan setelah ia pulang dari kunjungan tersebut. Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby menegaskan kembali posisi pemerintah Presiden Joe Biden.

Ia mengatakan kunjungan Tsai ke AS merupakan transit dan kunjungan Kongres AS ke Taiwan tidak menyalahi norma. Sebelum kunjungan yang terakhir dari tahun 2016 sampai 2019 Tsai enam kali transit di AS.

“Tidak ada alasan untuk beraksi dengan cara militer, sama sekali tidak ada alasan mengubah ketegangan di seluruh Selat Taiwan menjadi konflik,” kata Kirby.  

Cina segera merespon pertemuan Tsai dengan McCarthy dengan memberlakukan larangan terbang dan sanksi finansial pada siapa pun yang berkaitan dengan kunjungan Tsai ke AS. Beijing juga meningkatkan aktivitas militer selama akhir pekan lalu.

“Cina ingin menggunakan semua peningkatan interaksi diplomatik antara AS dan Taiwan sebagai alasan untuk melatih militernya,” kata pakar kajian pertahanan dan direktur Institute for National Policy Research di Taiwan, Kuo Yu-jen.

Berita Lainnya:
Ditekan Israel Hingga Amerika Serikat Soal Penangkapan Netanyahu, Begini Sikap ICC 

Beijing mengatakan kontak antara pejabat negara asing dengan pemerintah Taiwan mendorong upaya kemerdekaan, langkah yang menurut Partai Komunis Cina akan memicu perang. Taiwan dikelola dengan demokratis setelah perang sipil 1949, Partai Komunis Cina mengatakan pulau itu berkewajiban bergabung kembali dengan pemerintahan Cina Daratan.

Usai Pelosi berkunjung ke Taiwan tahun lalu, Cina menembakan rudal ke perairan sekitar Taiwan, mengirimkan kapal dan pesawat tempur di garis tengah Selat Taiwan. Beijing juga menembakan rudal ke atas pulau itu yang mendarat di zona ekonomi eksklusif Jepang. Langkah ini menimbulkan eskalasi di kawasan.

Latihan dengan peluru tajam mengganggu penerbangan dan pelayaran sipil di salah satu jalur perdagangan tersibuk di dunia. Kuo mengatakan dalam latihan kali ini sebagian besar lalu lintas maritim dan udara berjalan normal.

Latihan militer Cina kali ini lebih fokus pada kekuatan udara, Taiwan melaporkan lebih dari 200 penerbangan pesawat tempur Cina selama tiga hari terakhir. Stasiun televisi Cina CCTV mengutip Tentara Pembebas Rakyat yang mengatakan latihan ini “simulasi pengepungan gabungan” Taiwan serta “simulasi gelombang serangan” ke target-target penting di pulau itu.

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi