Kamis, 02/05/2024 - 08:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Liga Arab Serukan Gencatan Senjata di Sudan

ADVERTISEMENTS

Sebuah kendaraan militer dan tentara dari angkatan bersenjata Sudan terlihat di sebuah jalan di Khartoum, Sudan, Sabtu (15/4/2023),

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

RIYADH — Liga Arab pada Ahad (16/4/2023) menyerukan gencatan senjata di Sudan. Liga Arab mengungkapkan keprihatinan atas meningkatnya kekerasan dan permusuhan di negara tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dalam pernyataan yang dikeluarkan setelah menggelar pertemuan darurat, Liga Arab juga menekankan perlunya kembali ke perundingan damai untuk membangun fase baru yang memenuhi ambisi persaudaraan rakyat Sudan dan berkontribusi pada perdamaian. Termasuk memperkuat keamanan dan stabilitas politik dan ekonomi di Sudan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pertemuan darurat ini diminta oleh Mesir dan Arab Saudi sebagai tanggapan atas bentrokan yang meletus pada Sabtu (15/4/2023) antara militer Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF). Militer dan RSF telah bersaing memperebutkan kekuasaan ketika faksi politik merundingkan pembentukan pemerintahan transisi setelah kudeta militer pada 2021. Ketegangan juga meningkat karena integrasi RSF ke dalam militer.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Menunggu Balasan Iran, Israel Gelar Latihan Serangan Jarak Jauh

Liga Arab akan terus menindaklanjuti situasi dan melakukan komunikasi yang diperlukan. Selama pidato yang disiarkan televisi, perwakilan Sudan untuk Liga Arab, Alsadik Omar Abdullah, meminta dukungan Arab untuk membantu menenangkan situasi. Dia menekankan bahwa, campur tangan eksternal dalam urusan lokal harus dihindari.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Pemerintah Sudan telah menyatakan RSF sebagai pasukan pemberontak yang harus diperlakukan seperti itu,” kata Omar Abdullah, dilaporkan Al Arabiya, Ahad (16/4/2023).

Omar Abdullah menambahkan, upaya untuk memediasi integrasi RSF ke dalam Angkatan Darat telah gagal. Pada Sabtu, RSF membagikan video yang mengklaim bahwa pasukan Mesir telah menyerah kepada mereka di Merowe.  Mesir mengatakan pasukan berada di Sudan untuk latihan dengan rekan-rekan militer Sudan.

Berita Lainnya:
Inggris Panggil Dubes Israel Menyusul Tewasnya Petugas Kemanusiaan

Perwakilan Mesir menyerukan gencatan senjata di Sudan. Mesir menggarisbawahi hubungan strategis dan geografis antara kedua negara.

Wakil Perwakilan Tetap Mesir, Obaida el-Dandarawy, mengatakan, terlepas dari perbedaan sudut pandang yang mungkin muncul di berbagai tahap, tidak ada keraguan bahwa kepentingan Mesir terkait dengan kepentingan Sudan, begitu pula sebaliknya. Dia juga meminta perlindungan kepentingan Mesir di Sudan. Dia menyerukan pihak yang bertikai untuk menemukan titik temu dan menyelesaikan perbedaan.

“Mesir memastikan komitmennya untuk mendukung dan (memastikan) stabilitas di Sudan dan kesatuan tanahnya dan memastikan pentingnya untuk mencegah campur tangan kekuatan luar dalam urusan Sudan,” kata el-Dandarawy.

 

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi