Sabtu, 04/05/2024 - 10:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Survei Indikator, Kepercayaan Terhadap Polri Terus Membaik

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Temuan survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menyebutkan kepercayaan terhadap Kepolisian terus meningkat. Jika sebelumnya posisinya ada di nomor dua dari bawah, saat ini posisi Polri ada di nomor lima, di bawah TNI, Presiden, Kejaksaan, dan Pengadilan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Dalam survei itu, TNI masih menjadi lembaga paling dipercaya dengan 97,7 persen), Presiden (92,8 persen), Kejagung (80,6 persen), Pengadilan (77,8 persen), Polri 73,2 persen), KPK (72,4 persen), DPD (71,5 persen), MPR (71,3 persen), DPR (63,4 persen), Parpol (61,8 persen).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Burhan mengatakan, saat kasus Sambo, survei kepercayaan publik hanya 54 persen. Angka ini hanya di atas kepercayaan partai politik, yang posisinya ada di paling bawah. “Jauh sekali dibanding sebelum kasus Sambo,” kata Burhanuddin, dalam pemaparan surveinya, Ahad (30/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
BNPB: Listrik dan Jalur Komunikasi Putus Akibat Banjir di Minahasa Utara
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Saat ini, lanjut dia, kepercayaan publik sudah mulai meningkat. Walaupun belum pulih seperti sebelum kasus Sambo, yang pada 2021 mencapai 80 persen ” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Adapun terkait dengan sejumlah progam restorative justice (RJ), mayoritas masyarakat belum mengetahuinya. Burhan mengatakan hanya 23,4 persen respondan yang tahu RJ. “Tapi sebagian besar yang mengetahui RJ yakin jika RJ akan memberikan keadilan. Problemnya adalah sosialisasi RJ kurang,” kata Burhanuddin.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Begitu juga halnya dengan Posko Presisi Polri. Responden yang tahu hanya 13,4 persen responden yang tahu. Namun dari angka ini, mayoritas percaya Posko ini akan bisa memelihara ketertiban. “Tinggal disosialisasikan,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Ribuan Pemudik Padati Pintu Masuk Kapal Pelabuhan Bakauheni Lampung

Hal yang juga ditemukan adalah ada kepuasan tinggi terhadap kineja kepolisian yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Dalam hal memelihara keamanan sebanyak 73,6 persen yang menyatakan puas dan sangat puas.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sementaa dalam hal membangun komunikasi dengan masyarakat, sebanyak 71,5 persen puas. Sisanya tidak puas (19.1 persen) dan tidak menjawab (9,4 persen)

Survei Indikator ini dillakukan pada 11-17 April 2023, dengan wawancara tatap muka. Jumlah responden sebanyak 1.220 orang responden dan toleransi kesalahan sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari daftar di bawah ini, mana nih Hape favorit Kamu?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi