Selasa, 07/05/2024 - 23:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Dua Momen Ketika Pendapat Rasulullah Muhammad SAW Dikoreksi Sahabat    

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA – Di antara sifat jaiz (boleh) bagi Baginda Muhammad SAW adalah perkara-perkara yang berlaku pada manusia pada umumnya, selama tidak mengurangi kehormatan beliau yang agung. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Nabi Muhammad SAW dalam beberapa hal perkara duniawi juga pernah dikoreksi para sahabat. Namun, kekeliruan Nabi Muhammad SAW hanya pada perkara dunia, seperti dalam sebuah riwayat hadits. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

عَنْ مُوسَى بْنِ طَلْحَةَ ، عَنْ أَبِيهِ ، قَالَ : ” مَرَرْتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقَوْمٍ عَلَى رُءُوسِ النَّخْلِ ، فَقَالَ : ( مَا يَصْنَعُ هَؤُلَاءِ ؟ ) فَقَالُوا : يُلَقِّحُونَهُ ، يَجْعَلُونَ الذَّكَرَ فِي الْأُنْثَى فَيَلْقَحُ ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ( مَا أَظُنُّ يُغْنِي ذَلِكَ شَيْئًا ). قَالَ فَأُخْبِرُوا بِذَلِكَ فَتَرَكُوهُ ، فَأُخْبِرَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِذَلِكَ فَقَالَ : ( إِنْ كَانَ يَنْفَعُهُمْ ذَلِكَ فَلْيَصْنَعُوهُ ، فَإِنِّي إِنَّمَا ظَنَنْتُ ظَنًّا ، فَلَا تُؤَاخِذُونِي بِالظَّنِّ ، وَلَكِنْ إِذَا حَدَّثْتُكُمْ عَنِ اللهِ شَيْئًا فَخُذُوا بِهِ ، فَإِنِّي لَنْ أَكْذِبَ عَلَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ )

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dalam riwayat Musa bin Thalhah RA, dari ayahnya, disebutkan bahwa dia pernah berjalan bersama Nabi Muhammad SAW lalu di tengah jalan mereka bertemu dengan sekelompok orang yang sedang ada di atas pohon kurma. Nabi SAW bertanya, “Sedang apa kalian?”

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Gambaran Nabi Muhammad SAW dalam Perang: Sosok tidak Kenal Takut

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Mereka menjawab, “Ini kami sedang mencangkok pohon kurma.” Kemudian Nabi SAW berkata, “Menurut dugaanku, pekerjaan itu tidak ada gunanya.” 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Mereka yang ada di atas pohon kurma itu pun turun dan menghentikan aktivitasnya. Namun, tersiar kabar setelah itu bahwa pekerjaan mereka itu ternyata berhasil baik. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Lalu Nabi SAW bersabda, “Jika pekerjaan itu ternyata bermanfaat bagi mereka, teruskanlah. Aku hanya menduga-duga, jadi jangan menggubris dugaan-dugaan itu. Tetapi jika aku bicara tentang agama Allah, maka pegang teguhlah itu. Karena aku sekali-kali tidak akan berdusta kepada Allah.” (HR Muslim)

Dalam riwayat Rafi’ bin Khadij RA, disampaikan kisah yang sama, dengan matan yang agak berbeda. “…ternyata usaha mereka berhasil dengan melimpah-ruah, lalu mereka kabarkan itu kepada Rasulullah SAW. Nabi SAW pun bersabda: 

إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ ، إِذَا أَمَرْتُكُمْ بِشَيْءٍ مِنْ دِينِكُمْ فَخُذُوا بِهِ ، وَإِذَا أَمَرْتُكُمْ بِشَيْءٍ مِنْ رَأْيِي فَإِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ

“Sungguh aku hanya seorang manusia. Jika kuperintahkan kamu mengenai urusan agamamu, laksanakanlah perintahku itu. Dan jika kuperintahkan kepadamu sesuatu yang berdasarkan buah pikiranku semata-mata, maka sungguh aku hanya seorang manusia.” (HR Muslim) 

Sebagai seorang manusia, Nabi Muhammad SAW juga bisa keliru dalam perkara duniawi. Ketika terjadi Perang Badar, pasukan Muslimin berhenti di sebuah sumur yang bernama Badar dan beliau memerintahkan untuk menguasai sumber air tersebut sebelum dikuasai musuh. Salah seorang sahabat yang pandai strategi perang, Khahab bin Mundzir RA berdiri menghampiri Rasulullah SAW dan bertanya, “Wahai Rasulullah apakah penentuan posisi ini adalah wahyu dari Allah atau hanya strategi perang? Nabi SAW menjawab, “Tempat ini kupilih berdasarkan pendapat dan strategi perang.” 

Berita Lainnya:
Amalan Rasulullah saat Makkah Diterjang Angin Kencang

Baca juga: Shaf Sholat Campur Pria Wanita di Al Zaytun, Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Hukumnya

Kemudian Khahab berkata lagi, “Wahai Rasulullah, jika demikian, tempat ini tidak strategis. Lebih baik kita pindah ke tempat air yang terdekat dengan musuh. Kita membuat markas di sana dan menutup sumur-sumur yang ada di belakangnya. Kita buat lubang-lubang dekat perkemahan dan kita isi dengan air sampai penuh, sehingga kita akan berperang dan mempunyai persediaan air yang cukup. Sedangkan musuh tidak mempunyai persediaan air minum,” kata Khahab. 

Mendengar pendapat Khahab, Nabi SAW tersenyum lalu berkata, “Pendapatmu sungguh bagus.” Malam itu pun Rasulullah SAW dan para sahabat melaksanakan usulan Khahab. Dan akhirnya kaum Muslimin memenangkan peperangan tersebut dengan telak.    

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi