Minggu, 19/05/2024 - 21:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Kritik Oposisi, Erdogan Tegaskan Pentingnya Kemitraan Dengan Rusia

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengkritik pernyataan oposisinya dalam pemilihan presiden, Kemal Kilicdaroglu, mengenai Rusia. Erdogan menegaskan Moskow merupakan mitra penting bagi Turki.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

ISTANBUL — Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengkritik pernyataan oposisinya dalam pemilihan presiden, Kemal Kilicdaroglu, mengenai Rusia. Erdogan menegaskan Moskow merupakan mitra penting bagi Turki.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Rusia telah menjadi salah satu sekutu terpenting mengenai produk-produk pertanian,” kata Erdogan dalam kampanye terakhirnya di distrik Umraniye, Istanbul, Sabtu (13/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Jajak pendapat satu hari sebelum pemungutan suara menunjukkan Erdogan di peringkat kedua kandidat utama oposisi Kemal Kilicdaroglu. Namun bila tidak ada yang memenangkan lebih dari 50 persen suara dan kemenangan mutlak, pemungutan suara putaran kedua akan digelar pada 28 Mei.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Turki Tangkap Ratusan Pengunjuk Rasa Hari Buruh

Pemilih juga akan memilih parlemen baru dalam persaingan ketat antara koalisi Aliansi Rakyat yang terdiri dari partai konservatif AK Party (AKP) yang dipimpin Erdogan dan partai nasionalis MHP melawan koalisi enam partai Aliansi Nasional termasuk partai sekuler Partai Republik Rakyat (CHP) yang dipimpin Kilicdaroglu.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Pemungutan suara akan dibuka pada Ahad (14/5/2023) pukul 08.00 pagi waktu setempat dan ditutup pukul 17.00. Pada Ahad malam sudah akan ada indikasi apakah pemungutan suara putaran kedua akan digelar.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Negara-negara Barat geram dengan kedekatan Ankara dan Moskow selama pemerintahan Erdogan. Turki yang merupakan anggota Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mendukung Ukraina sejak Rusia menggelar invasi skala penuh ke negara tetangganya tahun lalu tapi tidak memberlakukan sanksi pada Moskow.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
1.000 Lebih Anggota Hamas Jalani Pengobatan di Turki

Pada Jumat (12/5/2023) Kilicdaroglu mengatakan ia memiliki bukti konkrit Rusia bertanggung jawab atas munculnya konten palsu “deep fake” di internet menjelang pemungutan suara. Ia tidak mengungkapkan buktinya.

ADVERTISEMENTS

Namun ia menambahkan bila memenangkan pemilihan presiden ia akan menjaga hubungan baik dengan Moskow. Kantor berita Rusia melaporkan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov membantah tuduhan Kilicdaroglu.

ADVERTISEMENTS

“Kami sangat kecewa dengan pernyataan oposisi ini,” kata Peskov.

Ia mengatakan Kilicdaroglu tidak dapat memberikan bukti mengenai tuduhan intervensi. “Sebab memang tidak ada,” katanya.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi