Jumat, 03/05/2024 - 04:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Dimana kah Pusat Keuangan Syariah Global? (Bagian 2)

ADVERTISEMENTS

Keuangan syariah global terus berkembang di tengah meningkatnya permintaan. Sejumlah kota terus memperkuat posisinya sebagai pusat keuangan Islam. Beberapa kota terus muncul dan memainkan peran penting, bagaimana dengan Jakarta?

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Pada tulisan Bagian 1, telah diulas beberapa kota seperti Dubai, Kuala Lumpur, London, dan Bahrain. Berikut ini tambahannya:

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Riyadh, Arab Saudi

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Riyadh semakin penting sebagai pusat keuangan Islam. Di bawah Program Pengembangan Sektor Keuangan Arab Saudi (FSDP), bagian dari cetak biru ekonomi Visi Saudi 2030, pihak berwenang berusaha untuk memposisikan Riyadh sebagai ibu kota global keuangan Islam pada tahun 2030.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Arab Saudi memiliki aset keuangan syariah sekitar 896 miliar dolar AS pada tahun 2021. Ini menjadikannya sebagai negara terbesar kedua di dunia dalam keuangan syariah setelah Iran, menurut laporan IFDI 2022.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Otorita: Penggunaan Material Hijau Menjadi Prioritas di Kawasan IKN

FSDP ingin meningkatkan persentase total aset keuangan Islam dalam PDB Arab Saudi dari kontribusi 21,08 persen pada tahun 2018 menjadi sekitar 79,3 persen pada tahun 2025. Arab Saudi juga merupakan penerbit tetap sukuk dengan denominasi mata uang lokal dan sukuk berdenominasi dolar AS, menyediakan investor dan dana Islam dengan hutang tingkat investasi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Ada empat bank syariah di Arab Saudi, dipimpin oleh Al Rajhi Bank, bank Islam terbesar di dunia berdasarkan aset. Pada dasarnya, semua bank di Saudi menawarkan produk yang sesuai syariah.

Bank syariah Arab Saudi mendapatkan keuntungan dari waralaba ritel yang lebih besar, yang dapat mendukung margin yang lebih tinggi, biaya pendanaan yang lebih rendah, dan kualitas aset yang lebih baik, menurut Laporan Fitch April 2023.

Berita Lainnya:
Penggunaan SPKLU di Jakarta Meningkat Selama Libur Lebaran

Dalam upaya untuk menarik investor dan dana ekuitas Islam, bursa saham Arab Saudi (Tadawul) meluncurkan indeks syariah pertamanya, TASI Islamic Index, pada tahun 2022 untuk melacak kinerja perusahaan syariah terdaftar. Indeks bertindak sebagai alat untuk memandu dan menginformasikan investor saat menganalisis investasi yang sesuai syariah.

Ini juga membantu manajer aset membandingkan kinerja portofolio mereka yang sesuai syariah. Arab Saudi berusaha menarik investasi langsung sebesar 100 miliar dolar AS pada tahun 2030 sebagai bagian dari rencana diversifikasi ekonominya. Negara ini menawarkan berbagai peluang investasi untuk lembaga keuangan Islam, termasuk proyek real estat, infrastruktur, dan energi.

 

Pusat keuangan Islam penting lainnya

sumber : Investment Monitor

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi