Jumat, 26/04/2024 - 16:26 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Presiden Assad Berharap Pemimpin Arab Bangun Kembali Solidaritas Timur Tengah

ADVERTISEMENTS

 RIYADH — Presiden Suriah Bashar al-Assad berharap negara-negara Arab mengambil langkah ‘bersejarah’ untuk membangun kembali solidaritas dan kemakmuran bersama di kawasan Timur Tengah. Hal ini disampaikan Assad dalam pertemuan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab pada Jumat (19/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ia mengatakan bahwa para pemimpin Arab harus membangun rekonsiliasi menjelang KTT. Selama ini Suriah telah ditangguhkan dari kelompok ini sejak awal perang sipilnya di tahun 2011. Keanggotaannya kembali diterima setelah negara-negara yang mendukung oposisi menerima pemerintahan Assad terhadap kekuasaan di negaranya sudah relatif aman.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Saya berharap ini menandai dimulainya fase baru aksi Arab untuk solidaritas di antara kita, untuk perdamaian di wilayah kita, pembangunan dan kemakmuran, bukan perang dan kehancuran,” katanya kepada para delegasi yang hadir.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Hari ini adalah kesempatan bersejarah untuk menata ulang urusan kita dengan sedikit mungkin campur tangan asing,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang juga diundang ke KTT tersebut, menuduh beberapa pemimpin Arab dengan sengaja mengabaikan invasi Rusia. Suriah adalah satu-satunya negara Liga Arab yang secara terbuka mendukung invasi Rusia ke Ukraina.

“Sayangnya, ada beberapa orang di dunia dan di sini di antara Anda yang menutup mata terhadap tawanan perang dan pencaplokan ilegal,” katanya kepada para delegasi.

Kehadiran Assad telah dinanti-nantikan sejak ia diundang oleh Arab Saudi untuk hadir pada minggu lalu. Ia mendapat sambutan hangat, menerima pelukan dari tuan rumah Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Berita Lainnya:
Sekjen PBB: Timur Tengah Terancam Konflik Besar Jika Eskalasi Berlanjut

Arab Saudi telah bertahun-tahun mendukung kelompok-kelompok pemberontak yang berjuang untuk menggulingkan Presiden Assad, dengan uang dan senjata. Namun, dukungan ini berkurang ketika kelompok-kelompok jihadis menjadi lebih kuat dan Assad menumpas para pemberontak setelah intervensi Rusia pada tahun 2015.

Pada pertemuan para menteri luar negeri dari 22 negara anggota pada Rabu, Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit menyatakan bahwa ia berharap kembalinya Suriah ke kelompok Liga Arab merupakan pertanda berakhirnya konflik di negara tersebut.

Walaupun tidak semua negara antusias dengan pemulihan Suriah. Menteri Luar Negeri Qatar mengatakan pada sebuah konferensi pers di Doha bahwa Qatar telah membatalkan penentangannya hanya karena tidak ingin menyimpang dari konsensus Arab.

Sementara itu, AS mengatakan bahwa mereka tidak percaya bahwa Suriah layak diterima kembali bergabung di Lihat Arab. “Posisi kami jelas – kami tidak akan menormalkan hubungan dengan rezim Assad, dan kami tentu saja tidak mendukung pihak-pihak lain untuk melakukan hal tersebut,” ujar juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Vedant Patel, kepada para wartawan.

Kembalinya Suriah ke Liga Arab juga dikecam oleh warga biasa yang menentang pemerintah. “Berapa banyak orang yang terbunuh? Berapa banyak orang yang dipenjara? Berapa banyak orang yang disiksa hingga mati?,” kata seorang guru dan aktivis Abdulkafi Alhamdo, yang terpaksa mengungsi dari rumahnya di kota Aleppo, Suriah, kepada program Newshour di BBC.

Berita Lainnya:
Perusahaan Semikonduktor Raksasa Taipei Evakuasi Pabrik Selama Gempa

“Apa yang terjadi – dengan mengizinkan Assad bergabung dalam pertemuan Liga Arab ini – tidak dapat dipercaya dan tidak dapat dimaafkan oleh generasi berikutnya,” sambungnya.

Normalnya hubungan telah terjadi antara negara-negara Arab dan Suriah, yang dipercepat setelah gempa bumi dahsyat yang melanda Turki dan Suriah barat laut pada bulan Februari. Setelah bencana tersebut, negara-negara yang dulunya saling bermusuhan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah yang dikuasai pemerintah Suriah.

Cina juga menjadi perantara sebuah kesepakatan mengejutkan di bulan Maret yang membuat Arab Saudi memulihkan hubungan diplomatik dengan saingan regional lamanya, Iran. Iran yang bersama dengan Rusia telah membantu pasukan Assad untuk mendapatkan kembali kendali atas kota-kota terbesar di Suriah.

Namun, sebagian besar wilayah Suriah masih dikuasai oleh para pemberontak yang didukung oleh Turki, para jihadis, dan para pejuang milisi Kurdi yang didukung oleh Amerika Serikat.

Sekitar setengah juta orang telah terbunuh dalam perang dan setengah dari populasi Suriah sebelum perang yang berjumlah 22 juta orang harus meninggalkan rumah mereka. Sekitar 6,8 juta orang mengungsi di dalam negeri, sementara 6 juta lainnya menjadi pengungsi atau pencari suaka di luar negeri.

Bahkan sebelum gempa bumi melanda, sekitar 15,3 juta orang di dalam Suriah membutuhkan bantuan kemanusiaan – angka tertinggi sepanjang masa sejak perang dimulai.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi