Jumat, 26/04/2024 - 11:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Twitter Keluar dari Perjanjian Sukarela Uni Eropa

ADVERTISEMENTS

Logo Twitter. Twitter telah keluar dari perjanjian sukarela Uni Eropa (UE) untuk memerangi disinformasi daring.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 LONDON — Twitter telah keluar dari perjanjian sukarela Uni Eropa (UE) untuk memerangi disinformasi daring. Komisaris Eropa Thierry Breton menyatakan, meski Twitter mundur dari kesepakatan itu, perusahan media sosial itu akan memiliki “kewajiban” untuk melakukannya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Breton merujuk pada aturan digital baru yang ketat dari UE yang mulai berlaku pada Agustus tahun ini. “Kamu bisa lari tapi kamu tidak bisa bersembunyi,” kata Breton.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurut Breton, di bawah aturan digital baru yang menggabungkan kode praktik, melawan disinformasi akan menjadi “kewajiban hukum”. “Tim kami akan siap untuk penertiban,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Prediksi Tepat Biden Perkirakan Serangan Balasan Iran

Breton menyatakan, Twitter telah menarik diri dari “kode praktik” disinformasi UE yang telah dijanjikan untuk didukung oleh platform media sosial utama lainnya. Keputusan untuk mengabaikan komitmen melawan informasi palsu tampaknya menjadi langkah terbaru perusahan milik miliarder Elon Musk.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Musk mencoba melonggarkan kendali atas perusahaan media sosial setelah membelinya tahun lalu. Dia telah membatalkan aturan anti-misinformasi sebelumnya. Pemilik perusahaan mobil Tesla ini pun telah mengacaukan sistem verifikasi dan kebijakan moderasi kontennya.

Berita Lainnya:
Paus Fransiskus Minta Pemimpin Rundingkan Jalan Damai Ukraina-Gaza

Google, TikTok, Microsoft, dan Facebook serta perusahan induk Instagram Meta termasuk di antara yang telah mendaftar ke kode UE. UE memang mengharuskan perusahaan untuk mengukur pekerjaan dalam memerangi disinformasi dan mengeluarkan laporan rutin tentang kemajuan yang sudah dilakukan.

Putusan Twitter meninggalkan perjanjian sukarela itu sebenarnya sudah memberikan tanda-tanda. Komisi Eropa  mengecam Twitter awal tahun ini karena gagal memberikan laporan pertama yang lengkap di bawah kode praktik yang sudah ditetapkan. Badan itu mengatakan, laporan yang diberikan hanya memberikan sedikit informasi spesifik dan tidak ada data yang ditargetkan. 

 

 

sumber : AP

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi