Jumat, 26/04/2024 - 07:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Libur Panjang, Penumpang KA Capai 593 Ribu Orang

ADVERTISEMENTS

Petugas beraktivitas di Stasiun Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (1/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat adanya tren kenaikan volume penumpang yang cukup signifikan pada masa libur panjang akhir pekan Hari Lahir Pancasila pada Kamis (1/6/2023) dan cuti bersama Hari Raya Waisak pada Jumat (2/6/2023). Tercatat selama lima hari selama 31 Mei Hingga 4 Juni 2023, jumlah penumpang KA mencapai 593.130 orang berdasarkan data hari ini (3/6/2023) pukul 09.30 WIB.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Untuk rute favorit pilihan masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta-Bandung pp, Jakarta- Yogyakarta pp, Jakarta-Surabaya pp, Bandung-Surabaya pp, dan tujuan lainnya,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (3/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
KAI Catat 3,1 Juta Tiket Terjual pada Masa Angkutan Lebaran 2024

Selain itu, perjalanan KA yang menjadi favorit masyarakat pada masa libur tersebut diantaranya KA Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung pp dan KA Airlangga relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi pp. Begitu juga dengan KA Serayu relasi Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto dan KA Ranggajati relasi Cirebon-Jogjakarta-Jember.

ADVERTISEMENTS

Untuk mengakomodir meningkatnya volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan tersebut, Joni memastikan total perjalanan KA jarak jauh yang dioperasikan sebanyak 1.109 perjalanan KA atau rata-rata 222 perjalanan KA per hari. Angka tersebut naik empat persen dibanding pekan sebelumnya yaitu rata-rata 214 perjalanan KA per hari.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

“Penambahan perjalanan kereta api tersebut sebagai bagian dari komitmen peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan khususnya pada masa high season seperti long weekend ini,” ujar Joni.

Berita Lainnya:
Angkutan Mudik Bikin Bandara Soekarno-Hatta Jadi yang Tersibuk di Asia Tenggara

Joni juga mengimbau calon penumpang memperhatikan kembali jadwal keberangkatan kereta api yang tertera pada tiket atau e-ticket untuk keberangkatan kereta per 1 Juni 2023. Hal tersebut seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 yang dimulai sejak 1 Juni 2023.

Dia menambahkan, tingginya animo masyarakat menggunakan jasa layanan kereta api di masa long weekend ini disebabkan keunggulan dari transportasi kereta api sebagai transportasi massal yang aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya.

“Momen liburan bersama keluarga atau kawan dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman, dan menyenangkan,” tutur Joni.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi