Jumat, 24/05/2024 - 08:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Kanada Akui Infrastruktur Vitalnya Jadi Target Serangan Siber

 OTTAWA – Menteri Pertahanan Kanada Anita Anand mengungkapkan, infrastruktur vital di semakin sering menjadi sasaran serangan siber. Dia meminta organisasi dan perusahaan yang berada di Kanada mengambil langkah-langkah mitigasi.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Kami telah melihat serangan terhadap infrastruktur penting di negara kami dan kami sangat sadar untuk menyarankan organisasi-organisasi dan perusahaan-perusahaan Kanada mengambil langkah-langkah mitigasi. Risikonya bisa sangat besar bagi ekonomi dan sistem kita yang melindungi kehidupan warga negara kita,” kata Anand dalam sebuah wawancara di sela-sela partisipasinya dalam forum keamanan Shangri-la Dialogue yang digelar di Singapura, Sabtu (3/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
Di Usia 71 Tahun, Vladimir Putin Dilantik Sebagai Presiden Kelima Kalinya

Menurut Anand, telah terjadi peningkatan serangan siber di seluruh wilayah Amerika Utara. Namun dia tak mengaitkan gelombang intrusi siber itu dengan negara tertentu.

Kanada adalah rumah bagi sejumlah jaringan pipa minyak besar yang penting bagi pasokan minyak mentah dunia. Perusahaan energi multinasional seperti Exxon Mobil dan Royal Dutch Shell memiliki operasi besar di negara tersebut. Bulan lalu, Departemen Luar Negeri AS memperingatkan bahwa Cina memiliki kemampuan untuk melancarkan serangan siber terhadap jaringan pipa minyak dan gas serta sistem kereta api.

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Peringatan Departemen Luar Negeri AS itu dirilis setelah sekelompok peneliti menemukan bahwa para peretas Cina telah memata-matai jaringan semacam itu. Terkait perhelatan Shangri-la Dialogue, Cina telah menuduh AS dan sekutunya menggunakan forum tersebut untuk “mengeroyok” Beijing serta membuka perpecahan di kawasan Asia-Pasifik.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Arab Saudi Menegaskan Kembali Dukungan untuk Palestina di KTT OKI

Menteri Pertahanan Kanada Anita Anand sempat menyuarakan kekhawatirannya terhadap potensi ancaman Cina. “Kita harus membuka mata lebar-lebar pada Cina. Mereka telah menjadi kekuatan global yang semakin mengganggu,” kata Anand ketika ditanya tentang keluhannya terhadap Negeri Tirai Bambu.

sumber : Reuters

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi