Jumat, 03/05/2024 - 03:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Taiwan Rilis Buku Panduan Cara Mengenali Tentara Cina

ADVERTISEMENTS

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (belakang tengah) mengunjungi pelatihan cadangan di pangkalan militer di Taoyuan, Taiwan, Kamis (11/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

TAIPEI – Militer Taiwan merilis update buku panduan pertahanan sipil bagi warganya. Untuk pertama kalinya, mereka memasukkan bab khusus yang memberikan tips untuk membedakan mana tentara Taiwan dan Cina. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Tahun lalu, Taiwan menerbitkan buku panduan di tengah ketegangan dengan Beijing. Menyusul invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022. Terdapat informasi terperinci cara menemukan tempat perlindungan dari bom, air, dan pasokan pangan melalui aplikasi telepon pintar. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Selain itu, warga Taiwan mendapatkan cara mempersiapkan pertolongan pertama saat kondisi darurat di dalam buku panduan tersebut.  Kementerian Pertahanan Taiwan kemudian mendapatkan masukan. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Masih Panas, China Harap Semua Pihak Redakan Situasi di Timur Tengah

Mestinya, buku panduan tersebut juga memuat gambaran skenario terjadinya perang dengan Cina. Ini merujuk pada konflik Ukraina di mana Rusia menginvasi negara tersebut dengan sebutan operasi khusus. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Salah satu perubahan adalah ilustrasi personel militer Taiwan dan ‘tentara musuh’ menggunakan seragam militer Cina. Cara membedakannya dengan mengidentifikasi seragam, kamuflase, dan lencananya. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Di buku panduan, tentara Taiwan terlihat tersenyum sedangkan tentara Cina digambarkan dengan mulut turun dan ekspresi menyeramkan. ‘’Sebenarnya agak sulit membedakan mereka,’’ kata Direktur Badan Mobilisasi Pertahanan Shen Wei-chih, Selasa (13/6/2023). 

Tentara Cina diasumsikan akan mengenakan seragam Tentara Pembebasan Rakyat. Namun sejumlah ahli menyatakan, pasukan khusus bisa saja mengenakan seragam berbeda sebagai upaya untuk menyusup ke Taiwan selama invasi. 

Berita Lainnya:
Staf UNICEF Hampir Jadi Korban Serangan Israel

Personel darurat termasuk polisi dan pasukan respons pertama, juga digambarkan dalam buku panduan terbaru tersebut. Buku ini bisa juga diunduh. ‘’Kami juga memberikan terjemahan dalam bahasa Inggris,’’ jelas Shen saat konferensi pers di Kementerian Pertahanan.

Sejumlah pejabat lainnya mengungkapkan, Taiwan memeriksa tempat perlindungan dari bom, memastikan bisa digunakan. Selain itu memperbarui petunjuk jalan agar tempat tersebut dengan mudah ditemukan.

Rencana pembuatan buku panduan ini sebelum Rusia menyerang negara tetangganya, Ukraina. Keadaan ini memicu perdebatan jika berimplikasi juga ke Taiwan. Maka perlu persiapan seperti reformasi pelatihan pasukan cadangan dan memperluas layanan militer. 

Cina selalu menegaskan, Taiwan merupakan wilayah mereka. Mereka menegaskan kepada negara lainnya untuk mengakui kebijakan satu Cina. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi