Rabu, 01/05/2024 - 10:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Indeks Saham Syariah Kompak Turun, BEI: Tergantung Mekanisme di Pasar

ADVERTISEMENTS

Direktur Pengembangan Bursa Efek indonesia (BEI), Jeffrey Hendrik (tengah) dalam acara pembukaan Sharia Investment Week di Jakarta, Kamis (15/6/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Kinerja indeks saham syariah cenderung underperform secara tahun berjalan (ytd). Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan, turunnya indeks saham syariah disebabkan oleh kondisi pasar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kalau soal indeks apakah itu indeks syariah atau lainnya tentu kenaikan dan penurunan tergantung dengan mekanisme di pasar. Bursa dalam hal ini tentu tidak punya kewenangan mengatur indeks naik dan turun soalnya itu dibentuk oleh pasar dan melihat kondisi saat ini mungkin wajar,” ujar Jeffrey dalam acara Sharia Investment Week di Jakarta, Kamis (15/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
WIKA Paparkan Prosedur Lengkap Pelaksanaan Right Issue
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Berdasarkan data di Bursa Efek Indonesia (BEI), lima indeks saham syariah turun di atas lima persen. Seperti IDX Sharia Growth turun 5,94 persen, Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) turun 7,74 persen, kemudian Jakarta Islamic Index (JII) turun 7,16 persen, Jakarta Islamic Index 70 (JII70) turun 5,49 persen dan IDX-MES BUMN 17  turun 5,29 persen.

ADVERTISEMENTS

Indeks saham syariah adalah ukuran statistik yang mencerminkan pergerakan harga sekumpulan saham syariah yang diseleksi berdasarkan kriteria tertentu. Adapun penyeleksian saham syariah dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan menerbitkan Daftar Efek Syariah (DES), artinya BEI tidak melakukan seleksi saham syariah, melainkan menggunakan DES sebagai acuan untuk pemilihannya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Pengamat: Keterangan Airlangga Soal Bansos Sangat Logis

 

Salah satu tujuan dari indeks saham syariah adalah untuk memudahkan investor dalam mencari acuan dalam berinvestasi syariah di pasar modal. Pengembangan indeks saham syariah terus dilakukan oleh BEI melihat kepada kebutuhan dari pelaku industri pasar modal. Saat ini, terdapat lima indeks saham syariah di pasar modal Indonesia yakni Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), Jakarta Islamic Index (JII), Jakarta Islamic Index 70 (JII70 Index),IDX-MES BUMN 17 dan DX Sharia Growth.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi