Senin, 06/05/2024 - 22:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Pupuk Kandang Selamatkan Lahan Pertanian dari Perubahan Iklim

ADVERTISEMENTS

Petani menyiapkan lahan dengan menaburkan pupuk kandang di lahan pertanian.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

MALANG — Perubahan suhu dan pola cuaca dalam jangka panjang akibat perubahan iklim telah menimbulkan efek yang serius terhadap sektor pertanian. Mulai dari kekeringan hingga penurunan tingkat kesuburan tanah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Guru Besar Agronomi dan Hortikultura dari Institut Pertanian Bogor, Sobir, mengatakan, pemanfaatan pupuk kandang dapat menjadi solusi dalam mengatasi dampak perubahan iklim yang dialami lahan-lahan pertanian.n”Kita menambah pupuk kandang karena memiliki tiga manfaat,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sobir menjelaskan, pupuk kandang bisa menyimpan air hingga lima kali lipat dari volumenya. Itu lantaran keberadaan bahan organik yang terkandung pada pupuk kandang. Pupuk kandang membuat lahan-lahan pertanian yang semula kering bisa kembali terisi air dan airnya tidak cepat menguap.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Allianz Indonesia Gelar Rangkaian Edukasi Keuangan Syariah Bagi Masyarakat

“Pupuk kandang meningkatka kapasitas penyimpanan air,” kata Sobir.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Manfaat kedua pupuk kandang adalah meningkatkan kesuburan biologis tanah. Semakin banyak pupuk kandang yang dipakai di lahan-lahan pertanian, maka semakin banyak pula mikroorganisme yang bisa membantu tanaman untuk menjaga kekeringan dan menyerap hara lebih baik, sehingga tanaman lebih efisien dari sisi produksi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Ketiga, pupuk kandang juga menyediakan hara,” ucapnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sobir mengungkap tingkat kesuburan lahan yang ada di Indonesia sudah menurun karena kandungan bahan organik sudah berkurang. Dia menjelaskan tanah subur memiliki kandungan organik minimal dua persen. Sedangkan, mayoritas lahan pertanian di Indonesia dengan angka sekitar 60 persen memiliki kandungan organik di bawah satu persen.

Faktor kebiasaan petani yang menggunakan pupuk kimia telah menyebabkan kesuburan tanah berkurang. Kondisi itu menjadi masalah yang cukup serius bagi sektor pertanian di Indonesia.

Berita Lainnya:
Pentingnya Membangun Ketahanan Anak Terhadap Perubahan Iklim  

“Orang merasa yakin dengan penggunaan pupuk kimia karena lebih praktis. Pupuk kandang butuh 10 ton untuk setiap hektare lahan. Kalau pupuk kimia paling hanya beberapa ratus kilogram,” kata Sobir.

Kondisi itu menyebabkan banyak residu dari pupuk kimia tersimpan di dalam tanah dan membuat struktur tanah menjadi tidak baik. Penambahan pupuk kandang akan meningkatkan struktur tanah menjadi lebih baik dan ada mikroorganisme yang membantu menyerap itu.

Pada akhir April 2023 lalu, Presiden Joko Widodo menekankan penggunaan pupuk organik untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan juga menjaga tingkat kesuburan tanah di Indonesia. Presiden meminta Kementerian Pertanian untuk memacu produktivitas produsen pupuk organik terkhusus pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM.

 

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi