Kamis, 02/05/2024 - 07:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Komisi VIII Minta Kemenag Pastikan Keselamatan Jamaah Haji

ADVERTISEMENTS

Jamaah haji berjalan untuk melempar jamrah aqabah di Jamarat, Mekah, Arab Saudi, Rabu (28/6/2023). Kemenag mengingatkan jamaah yang secara fisik tidak memungkinkan untuk melempar jamrah bisa dibadalkan atau diwakilkan oleh orang lain.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Wakil Ketua Komisi VIII DPR Diah Pitaloka meminta Kementerian Agama (Kemenag) segera menyelesaikan insiden tertahannya jemaah haji Indonesia di Muzdalifah hingga mengakibatkan kelaparan. Tegasnya, hal serupa tidak boleh terulang kembali.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Ia meminta Kemenag memastikan kenyamanan dan keselamatan jemaah haji pada sisa waktu pelaksanaannya ini. Sebab bagaimanapun, penyelenggaraan haji Indonesia adalah wilayah tanggung jawab Kemenag.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Segala sesuatu yang terjadi baik di Arab Saudi dan di Tanah Air akan menjadi bahan evaluasi kedepan,” ujar Diah lewat keterangannya, Kamis (30/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Prabowo-Gibran Tiba di KPU, Siap Ditetapkan KPU sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih

Saat ini jemaah haji tengah melaksanakan ritual lontar jumrah di Mina sampai 13 Dzulhijjah. Menurutnya, lontar jumrah merupakan salah satu tahapan yang cukup berat, mengingat jarak maktab yang relatif jauh serta cuaca panas terik.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sehingga dibutuhkan ketahanan stamina bagi jemaah dan juga petugas haji. Tentu ini merupakan fase yang cukup penting bagi maksimalnya pelayanan haji dari Kemenag.

Bahkan apabila ada kekurangan tenaga petugas, karena sebagian besar kelelahan mendampingi jamaah di Arafah dan Muzdalifah, maka perlu dilakukan pembagian waktu kerja petugas. Sehingga tidak menumpuk dan para petugas bisa fokus pada fase-fase yang berbeda.

Berita Lainnya:
63 Ribu Hewan Kurban Diprediksi Masuk Jakarta Jelang Idul Adha

“Sekali lagi di sisa waktu yang ada saya harap Kemenag betul-betul memaksimalkan pelayanan terhadap para jemaah. Dan yang paling penting adalah memastikan keselamatan mereka,” ujar Diah.

Selain itu, ia juga mengingatkan Kemenag untuk mempersiapkan proses kepulangan jemaah sebaik-baiknya. Serta memastikan para petugas haji tetap bekerja sebagaimana mestinya.

“Saya mendoakan semoga di penghujung ibadah haji ini, segala sesuatunya berjalan lancar sesuai rencana yang telah disepakati. Saya juga mendoakan seluruh jemaah haji Indonesia menjadi haji-haji yang mabrur,” ujar Diah.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi