Selasa, 30/04/2024 - 02:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Dengan Paket Bantuan AS, Israel Beli Pesawat F-35 Senilai 3 Miliar Dolar

ADVERTISEMENTS

YERUSALEM – Israel sepakat membeli skuadron ketiga pesawat tempur F-35 dengan nilai 3 miliar dolar AS. Kesepakatan ini disampaikan Kementerian Pertahanan Israel, Ahad (2/7/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Rencananya, ada 25 pesawat yang akan dibeli. Dengan demikian, akan ada 75 unit pesawat F-35 buat perusahaan AS, Lockheed Martin itu.’’Kesepakatan pembelian ini akan dibiayai melalui paket bantuan pertahanan yang Israel terima dari,’’ demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Israel. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menurut mereka, kesepakatan baru ini akan menjamin keberlanjutan kerja sama perusahaan AS dengan perusahaan pertahanan Israel dalam memproduksi komponen-komponen pesawat. Hal ini disambut baik oleh Lockheed Martin. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Terkait kerja sama tersebut, Lockheed Martin dan manufaktur mesin pesawat Pratt & Whitney menyatakan sepakat melibatkan perusahaan-perusahaan pertahanan Israel terlibat dalam produksi komponen pesawat tersebut.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Denmark Tangkap Pria yang Ancam Ledakan Bandara 

Israel merupakan negara pertama di luar AS yang mempunyai pesawat tempur F-35. Pada Mei 2018, pemimpin angkatan udara mereka menyatakan, Israel merupakan yang pertama kali menggunakan pesawat tersebut dalam pertempuran. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut Aljazirah, Uni Emirat Arab telah lama berharap bisa membeli pesawat tempur F-35 dari AS. Namun, hubungan dekat negara Teluk ini dengan Cina membuat kesepakatan pembelian hingga sekarang belum juga terwujud. 

Pesawat F-35 dinilai sebagai pesawat tempur paling canggih di dunia, yang memiliki kemampuan mengumpulkan informasi intelijen, mampu menerobos menuju jantung wilayah musuh, dan tangguh dalam pertempuran di udara. 

Berita Lainnya:
Hizbullah Ubah Permukiman Israel di Utara Pendudukan Palestina Jadi 'Kota Hantu'

F-35 dikenal pula dengan sebutan Joint Strike Fighter dan di Isral disebuat Adir (mighty). Pada Ahad dini hari, sebelum Israel menyatakan kesepakatan pembelian F-35, pesawat-pesawat tempur mereka melakukan serangan udara ke sistem pertahanan udara Suriah. 

Dengan menggunakan peralatan perang itu, Suriah meluncurkan rudal-rudal antipesawat ke arah Israel. Baru-baru ini, Israel meningkatkan serangan ke Suriah, di antaranya ke bandara dan pangkalan udara untuk mengadang suplai udara dari Iran. 

Iran diduga memasok senjata kepada sekutunya di Suriah dan Lebanon, termasuk Hizbullah yang bermarkas di Lebanon. 

 

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi