Sabtu, 04/05/2024 - 07:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Berkonsep Forest City, IKN Nusantara Dipastikan Gunakan Energi Terbarukan

ADVERTISEMENTS

 BALIKPAPAN — Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menegaskan dukungannya atas pemenuhan kebutuhan energi bagi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. “Sesuai konsepnya sebagai forest city, kebijakan energi IKN mengacu kepada konsep energi hijau. Artinya energi yang digunakan di IKN adalah energi terbarukan,” kata Wakil Kepala SKK Migas Nanang Abdul Manaf dalam kesempatan Forum Kapasitas Nasional III, di Balikpapan, Selasa (4/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Energi dari matahari yang ditangkap dengan panel surya adalah salah satunya. Juga akan ada listrik yang dibangkitkan dengan tenaga air atau PLTA.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Meski demikian, gas bumi sebagai energi transisi masih diperlukan untuk memenuhi kebutuhan industri dan rumah tangga di sekitar IKN,” kata Nanang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Listrik untuk IKN sementara ini disambungkan PLN dari gabungan Sistem Mahakam dan Sistem Barito, sistem interkoneksi yang memiliki daya mampu total 1.277 megawatt (MW) dan masih memiliki kelebihan daya belum terpakai 577 MW. Daya ini berasal dari puluhan pembangkit di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Bus Bawa 35 Penumpang Terguling di Bantul

Kelak diharapkan juga akan ada listrik dari PLTA yang akan dibangun di Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara). Kemudian, walaupun juga mengeluarkan emisi, namun emisi dari gas lebih sedikit dibanding dengan bahan bakar minyak (BBM). Ketersediaannya yang masih melimpah di alam membuat gas juga relatif lebih murah dibandingkan BBM.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Nanang mengatakan, sesuai dengan trenpenemuannya di alam, produksi gas semakin dominan. Konsumsi gas diperkirakan akan meningkat, dari sekarang 6.000 juta metrik kaki kubik per hari (MMSCFD, million metric cubic feet per day) diperkirakan naik jadi 26,112 MMSCFD pada 2050. Atau akan naik sebesar 298 persen.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Karena itu, Nanang menegaskan, sejak awal SKK Migas siap bekerja sama dengan Otorita IKN serta para pemegang kebijakan lainnya untuk mengembangkan infrastruktur dasar seperti menyalurkan gas ke IKN lewat pipa.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Berapa kebutuhan IKN, kita akan penuhi dan carikan solusi yang sesuai dengan konsepnya sebagai kota rimba,” ujarnya.

Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara Achmad Jaka Santos Adiwijaya menambahkan bahwa transisi penggunaan energi dari konvensional saat ini ke energi terbarukan diprioritaskan di IKN. Indonesia juga ingin membuktikan bahwa pemindahan ibu kota dari Jawa-Jakarta ke Kalimantan-Nusantara bukan merusak paru-paru dunia dan hutan alam yang ada.

Berita Lainnya:
Otorita: Penggunaan Material Hijau Menjadi Prioritas di Kawasan IKN

“Di IKN justru kita akan menerapkan zero emisi dengan menanam banyak pohon, yang saat ini bibit-bibitnya disiapkan di persemaian di Mentawir,” kata Jaka Santos. 

Emisi yang dihasilkan di IKN, akan langsung diserap oleh pohon-pohon tersebut. Kepala Perwakilan SKK Migas Area Kalimantan dan Sulawesi (Kalsul) Azhari Idrisberharap Forum Kapasitas Nasional III 2023 Area Kalsul dapat menjadi sarana komunikasi antara pemerintah yang diwakili SKK Migas, kontraktor kerja sama bagi hasil migas, pemerintah daerah, serta pelaku usaha penunjang hulu migas dalam mendukung pembangunan IKN.

“Upaya peningkatan kapasitas nasional juga telah menjadi bagian dalam upaya transformasi industri hulu migas, yaitu peningkatan daya saing pemasok nasional. Target kita, nanti kita tidak hanya sekadar membuat produk made in (dibuat di) Indonesia, tetapi juga made by (oleh orang) Indonesia,” kata Azhari.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi