Sabtu, 04/05/2024 - 16:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Hadapi El Nino, Badan Pangan Nasional Siapkan Cadangan Pangan Pemerintah

ADVERTISEMENTS

 BOGOR — El nino atau fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normal di Samudera Pasifik bagian tengah diperkirakan akan datang satu hingga dua bulan ke depan. Oleh karenanya, Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA), menyiapkan Cadangan Pangan Pemerintah mulai bulan ini.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Kita siapkan Cadangan Pangan Pemerintah. Tentunya Badan Pangan Nasional selalu melihat stok utamanya beras, dan sembilan komoditas yang ada di Perpres 66/2021,” kata Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, di Kota Bogor, Selasa (4/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Berdasarkan informasi dari Kementerian teknis terkait, Arief mengatakan, jelang El Nino diperkirakan masih akan ada hujan di beberapa waktu terakhir. Sehingga pihaknya mendorong para petani yang masih ada kesempatan untuk menanam hingga panen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh
Berita Lainnya:
ID Food Jaga Stok Tetap Aman Selama Lebaran

“Masih ada kesempatan untuk tanam. Kemudian didorong sampai tahun depan. Pak Presiden sampaikan ada 61 waduk yang dibangun, untuk menyimpan cadangan air. Artinya, mari kita bersiap untuk ini semua dengan baik,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Lebih lanjut, Arief menyebutkan, stok pangan yang dicadangkan di antaranya ialah 1,2 juta ton beras. Di mana jutaan ton beras itu diperkirakan bisa bertahan hingga akhir tahun.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Termasuk, kata dia, stok gula. Juga bawang putih yang diatur bersama Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan, yang juga memiliki stok hingga setahun ke depan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Di samping itu, menurut Arief, ada beberapa produk bahan pangan yang bisa bertahan di musim panas. Salah satunya garam, yang kesempatan produksinya tinggi saat musim panas.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Tetapi untuk produk yang bisa disimpan lebih lama seperti daging frozen, kita tingkatkan stoknya. Tentunya kalau Bulog sudah ada penugasan 100 ribu ton, ID food 100 ribu ton. Jadi 200 ribu ton untuk daging ruminansia. Itu pasti kita stok,” jelasnya.

Berita Lainnya:
Relaksasi HET Beras Premium Berakhir, Badan Pangan Bakal Perpanjang Lagi?

Kemudian, sambung Arief, Badan Pangan Nasional mendorong Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang pangan untuk melakukan penambahan stok. Stok yang ditambah merupakan stok yang dinamis, namun juga bisa memberikan keuntungan bagi BUMN itu sendiri.

Hal ini, dikatakan Arief, membutuhkan dukungan Kementerian Keuangan melalui Himpunan Bank Milik Negara. Dengan berbagai penjaminan dari Kementerian Keuangan, tapi mendapatkan dana murah.

“Ini yang masih terus, tentunya, dalam review BPKP mengenai SOP dan apa-apa yang kita perbaiki. Jadi, minta waktu untuk mempersiapkan ini semua. Tapi sudah jelas path-nya, urutannya,” ucap Arief.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi