Selasa, 07/05/2024 - 16:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Selandia Baru Larang Penggunaan Plastik untuk Produk Segar

ADVERTISEMENTS

Plastik untuk produk segar seperti buat dan sayur mulai dilarang di Selandia Baru.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

WELLINGTON — Selandia Baru telah menjadi negara pertama di dunia yang memperluas larangan kantong plastik di supermarket menjadi kantong tipis, yang biasanya digunakan untuk menyimpan buah atau sayuran.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Langkah tersebut, yang mulai berlaku pada Sabtu (1/7/2023). Larangan kantong plastik untuk produk segar ini merupakan bagian dari kampanye pemerintah yang lebih luas melawan plastik sekali pakai.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sebagian besar pembeli sudah membawa tas sendiri ke toko setelah kantong plastik sekali pakai dilarang pada 2019. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak negara telah memberlakukan biaya atau larangan kantong plastik.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Selandia Baru menghasilkan terlalu banyak sampah, terlalu banyak sampah plastik,” kata Associate Menteri Lingkungan Hidup Rachel Brooking dilansir BBC, Senin (3/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Bermotif Politis, Armada Bantuan dari Turki Gagal Berlayar ke Gaza  

Dia menambahkan, lebih dari satu miliar kantong plastik telah diselamatkan sejak larangan kantong plastik yang lebih tebal mulai berlaku pada 2019. Langkah baru ini diharapkan dapat mencegah penggunaan 150 juta kantong plastik per tahun.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kritikus telah mengemukakan kekhawatiran bahwa pembeli mungkin hanya menempatkan belanjaan di kantong kertas sekali pakai, yang masih tersedia di supermarket. “Hal itu masih bisa dilakukan, tetapi kami benar-benar ingin mengurangi kemasan apa pun sekali pakai,” kata Brooking.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Jadi kami ingin orang-orang membawa tas sendiri dan supermarket menjual tas produksi yang dapat digunakan kembali,” tambahnya.

Jaringan supermarket Countdown, yang mengoperasikan lebih dari 185 toko di seluruh Selandia Baru, telah mulai menjual tas jaring poliester yang dapat digunakan kembali. Perusahaan berharap ini akan mendorong pembeli untuk menggunakan tas yang dapat digunakan kembali untuk buah dan sayuran.

Berita Lainnya:
Iran-Israel Berbalas Serangan, Uni Eropa Sebut ada Sinyal Deeskalasi

“Kami tahu perubahan itu sulit dan (itu) akan memakan waktu cukup lama. Kami juga mendapati beberapa pelanggan marah,” kata Kepala Bagian Keberlanjutan di Countdown Catherine Langabeer.

Pemerintah Selandia Baru telah membuat kemajuan dalam inisiatif lain untuk mengatasi perubahan iklim. Pada bulan Oktober, diusulkan untuk mengenakan pajak atas gas rumah kaca yang dihasilkan oleh hewan ternak seperti domba dan sapi. Skema pertama di dunia akan melihat petani membayar emisi pertanian dalam beberapa bentuk pada 2025. Industri pertanian negara menyumbang sekitar setengah dari emisinya.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi