Selasa, 30/04/2024 - 03:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Indeks Keyakinan Turun, BI: Konsumen Masih Optimistis

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Keyakinan konsumen mengalami penurunan pada Juni 2023. Kondisi tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2023 sebesar 127,1, turun dibandingkan bulan sebelumnya di level 128,3.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Meski demikian, Bank Indonesia (BI) menilai konsumen masih optimistis terhadap kondisi ekonomi dalam negeri. “Survei Konsumen Juni 2023 mengindikasi optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat,” papar BI, Senin (10/7/2023).  

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Tetap kuatnya keyakinan konsumen pada Juni 2023 didorong oleh tetap optimisnya keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap ekonomi ke depan meskipun keduanya sedikit menurun dibandingkan Mei 2023.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Keliling Ibu Kota, Red Sparks Gunakan Layanan Jakarta Tourist Pass
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Hal tersebut tecermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Juni 2023 yang masing-masing tercatat sebesar 116,8 dan 137,5, lebih rendah dari 118,9, dan 137,8 pada bulan sebelumnya.

ADVERTISEMENTS

Pada Juni 2023, keyakinan konsumen terpantau tetap optimistis pada seluruh kategori pengeluaran meskipun penurunan optimisme terdalam tercatat pada responden dengan pengeluaran Rp 2,1 juta-Rp 3 juta  Berdasarkan usia, IKK Juni 2023 keyakinan konsumen juga terpantau optimis pada seluruh kategori usia responden.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Secara spasial, sebagian kota mencatat peningkatan IKK, tertinggi di Makassar (6,3 poin), diikuti Pangkal Pinang (4,0 poin) dan Samarinda (2,8 poin). Sementara itu, sebagian kota lainnya mencatat penurunan IKK, terdalam di Padang (-12,9 poin), diikuti Bandar Lampung (-11,8 poin) dan Banten (-11,6 poin).

Berita Lainnya:
Menperin Ingatkan Perpres Soal HGBT Masih Berlaku

Secara kuartalan, IKK kuartal II 2023 mengindikasikan optimisme konsumen semakin kuat dengan IKK tercatat pada level 127,2, lebih tinggi dibandingkan 122,9 pada kuartal I 2023. Peningkatan tersebut terutama didorong oleh semakin baiknya persepsi konsumen terhadap IKE dan IEK selama kuartal II, terutama untuk komponen penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja, serta menguatnya ekspektasi terhadap kegiatan usaha ke depan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi